STRATEGI PEMASARAN HOTEL & HOMESTAY PADA MASA TRANSISI COVID-19 DI KEK-MANDALIKA LOMBOK

  • Lalu Mahsar Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
Keywords: Strategi, Pemasaran, Hotel Dan Homestay

Abstract

Sekarang ini industri pariwisata khususnya sektor akomodasi seperti hotel dan homestay sedang mengalami krisis akibat penyebaran Covid-19. Salah satu destinasi yang juga ikut terdampak akibat Covid-19 adalah KEK Mandalika di Kuta Lombok Tengah. Dampak penyebaran Covid-19 menyebabkan tingkat kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara ke KEK Mandalika menurun drastis, termasuk okupansi hotel yang mencapai 30% dan beberapa hotel sudah mulai menerapkan kebijakan seperti, pengurangan jam kerja dan bahkan PHK. Untuk maksud tersebut, penelitian ini memfokuskan pada: (1) strategi pemosisian (positioning strategy) hotel dan homestay di KEK Mandalika pada masa transisi Covid-19; (2) identifikasi sumber daya hotel dan kapabilitas perusahaan; dan (3) strategi menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan. tujuan penelitian ini adalah untuk membuat strategi pemosisian hotel dan homestay pada masa transisi Covid-19, mengidentifikasi sumber daya,  seperti manusia, keuangan, dan pengalaman perusahaan, kapabilitas perusahaan, seperti relasi atau jejaring yang dibangun, nilai (value) yang dijalankan, dan pemanfaatan teknologi. Tujuan terakhir adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Jenis penelitian adalah kualitatif yang mencoba menganalisis berbagai fenomena kepariwisataan. Penelitian ini berlokasi di beberapa hotel dan homestay di KEK Mandalika dengan pertimbangan bahwa lokasi yang dipersiapkan sebagai tempat diselenggarakannya MotoGP selain karena krisis yang disebabkan Covid-19 yang menyebabkan  menurunnya tingkat hunian hotel dan dampak-dampak lainnya.  Data primer yang dikumpulkan adalah yang bersumber langsung dari sumber pertama yakni, manager hotel, departemen, seksi, dan staff yang relevan, pemilik homestay, pihak pengembang (manajemen ITDC), masyarakat local di KEK Mandalika, PKL, pemerintah, akademisi, dan media.  Data sekunder berupa literatur, artikel, jurnal, serta berita maupun informasi yang relevan dengan strategi pemasaran hotel dan homestay (tingkat hunian hotel, jumlah kamar, jumlah tamu menginap, pendapatan, dll). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik observasi yang digunakan adalah pengamat sebagai partisipan. Wawancara mendalam (in-depth interview) dengan mengajukan beberapa pertanyaan secara mendalam yang berhubungan dengan fokus penelitian. Teknik dokumentasi, untuk mengumpulkan data dari dokumen dan rekaman. “Rekaman” sebagai setiap tulisan/pernyataan yang dipersiapkan oleh tim peneliti dengan tujuan membuktikan adanya suatu peristiwa. Lebih lanjut, data dianalisis dengan content analysis dimana seluruh isi diinterpretasi berdasarkan teks dan konteks. Luarannya adalah publikasi pada jurnal ilmiah terakreditasi dan terdaftarnya HKI. TKT yang diajukan adalah 1—3.

References

[1] Alma, Buchari. 2010. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.
[2] Bandung: Alfabeta
[3] Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
[4] Budi, Sulistino, Ari. 2010. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Lokasi terhadap Keputusan Menginap Tamu Hotel Srondol Indah Semarang”, Fakultas Ekonomi Universitas Dipenogoro Medan.
[5] Haryono. 2015. Dashyatnya Pengelolaan Sumber Daya Manusia Dalam Bisnis Perhotelan. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
[6] Hurriyati, Ratih. 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
[7] Kasmir, 2014. Kewirausahaan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
[8] Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
[9] Kotler dan Keller, 2012, Marketing Management Edisi 14, Global Edition. Pearson Prentice Hall.
[10] Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Alih Bahasa: Alexander Sindoro. Jakarta. Penerbit Prenhallindo
[11] Kotler, Philip. 2012. Marketing Reaserch. Edisi Kedua. Yogyakarta. Penerbit Koputindo
[12] Rangkuti, Freddy. 2014. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
[13] Meskardo, Sembiring. 2015. Omset Berlipat dari Bisnis Hotel, Tur, dan Travel. Jakarta: Cermelang Publishing.
[14] Sugiarto, Endar. 2009. Hotel Front Office Administraction (Administrasi Kantor Depan Hotel). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama,
[15] Sulistiyono, Agus. 2008. Manajemen Penyelenggara Hotel, Cetakan ke 6. Bandung: Alfebeta.
[16] Sumarni, Murti & John Soeprihanto. 2010. Pengantar Bisnis (Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan) Edisi ke 5. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta
[17] Sumarsono, Dicky. 2014. Dahsyatnya Bisnis Hotel Di Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
[18] Suparyanto & Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran. Bogor: IN MEDIA
[19] Tjiptono, Fandi. 2008. Strategi Pemasaran Edisi Ke 3. Yogyakarta: Andi Office.
Published
2021-09-29
How to Cite
Mahsar, L. (2021) “STRATEGI PEMASARAN HOTEL & HOMESTAY PADA MASA TRANSISI COVID-19 DI KEK-MANDALIKA LOMBOK”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 10(1), pp. 129-138. doi: 10.47492/jih.v10i1.907.
Section
Articles