ANALISIS KALIMAT PERSUASIF PADA IKLAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU DI STKIP MUHAMMADIYAH BOGOR UNTUK MENINGKATKAN MINAT CALON MAHASISWA 2020/2021 PADA MASA PANDEMIK COVID-19

  • Nina Nina STKIP Muhammadiyah Bogor
  • Ana Ratnasari STKIP Muhammadiyah Bogor
  • Resya Fakhrunnisa STKIP Muhammadiyah Bogor
Keywords: Analisis Kalimat Persuasif, Iklan Penerimaan Mahasiswa Baru & Covid-19

Abstract

Pandemik Covid-19 awal tahun 2020 tidak hanya menyebabkan kematian tetapi menimbulkan permasalahan baru karena seluruh kegiatan dikerjakan di rumah baik pekerja maupun pelajar untuk mencegah penularan Covid-19. Menurunnya kesejahteraan ekonomi masyarakat memengaruhi pendidikan di Indonesia termasuk minat melanjutkan sekolah di jenjang perguruan tinggi. Perguruan Tinggi Swasta harus menyusun strategi yang tepat menghadapi situasi pandemik ini untuk memertahankan eksistensinya, dengan cara mempromosikan PMB dengan tema Covid-19 untuk menarik minat calon mahasiswa pada masa pandemik. Maka tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi pemilihan kalimat persuasif yang digunakan oleh STKIP Muhammadiyah Bogor untuk meningkatkan minat calon mahasiswa 2020/2021 pada masa pandemik Covid-19. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, mengumpulkan dokumen, wawancara dan teknik simak cakap libat. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data dan memvalidasi data untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan rumusan masalah. Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa kalimat persuasif dalam brosur dan iklan di Radio RRI Bogor iklan Penerimaan Mahasiswa Baru STKIP Muhammadiyah Bogor tahun ajaran 2020/2021 mengandung unsur rasionalisasi, unsur identifikasi dan unsur sugesti dengan tujuan ingin memengaruhi calon mahasiswa baru pada situasi pandemik Covid-19.

References

[1] Keraf, Gorys. 2003. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia.
[2] Kotler, Philip dan Amstrong, Garry. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
[3] Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
[4] Moekijat. 2000. Manajemen Pemasaran. Bandung: Mandar Maju.
[5] Muhridha, Andi. 2020. Strategi Persuasif dalam Brosur Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Swasta Lingkup LLDIKTI IX di Makasar. http://eprints.unm.ac.id. Diakses pada tanggal 27 Mei 2021.
[6] Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif . Bandung: Alfabeta.
[7] Sutabri, Tata. 2007. Artikel Komersiliasi Pendidikan Tinggi. http://www.wikimu.com/News/Print.aspx?id=2678. Diakses pada tanggal 20 Mei 2021.
[8] Tarigan, Henry Guntur. 1994. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Published
2021-06-14
How to Cite
Nina, N., Ratnasari, A. and Fakhrunnisa, R. (2021) “ANALISIS KALIMAT PERSUASIF PADA IKLAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU DI STKIP MUHAMMADIYAH BOGOR UNTUK MENINGKATKAN MINAT CALON MAHASISWA 2020/2021 PADA MASA PANDEMIK COVID-19”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 10(1), pp. 57-62. doi: 10.47492/jih.v10i1.669.
Section
Articles