PROMOSI SANGGAR SENI SASAK DHARMAYASA DALAM INDUSTRI PARIWISATA

  • Murianto Murianto
Keywords: Sanggar Seni Dharmayasa, Budaya, Paket Wisata

Abstract

Kelompok Sanggar Seni Dharmayasa merupakan salah satu asset budaya yang harus dilestarikan. Alat-alat promosi dan branding yang digunakan sudah digunakan cukup berfariasi seperti menggunanakan Media Sosial, Media Cetak, Pementasan Seni, dan kunjungan budaya serta wisatawan yang akan memberikan pengaruh-pengaruh positif terhadap perkembangan sanggar Seni Dharmasaya. Target Pasar yang dituju sudah cukup luas seperti kalangan PEMDA Lombok Tengah, Industri Hotel dan Restaurant, Perusahaan BUMD/BUMN, Travel Agent or Event Budaya, dan Masyarakat Lokal di Pulau Lombok. Target-target pasar ini tentu juga mempengaruhi jumlah kegiatan pentas sesuai dengan kebutuhan masing-masing akan tetapi belum dikelola secara maksimal sehingga akan mempengaruhi jumlah kegiatan pentas. Paket-paket pementasan yang diberikan merujuk pada kebutuhan pelanggan yaitu paket penyambutan (welcoming) yang hanya dalam waktu 2 jam saja atau paket setengah hari (Half  Day) yang 4 jam dan paket seharian penuh 8-9 Jam ( Fullday). Paket 2 Hari / 1 Malam.

References

[1] Buchari, Alma. 2006. Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
[2] Basu, Swastha DH, 1999. Azas-Azas Marketing. Yogyakarta: Penerbit Liberty.
[3] Instruksi Presiden No. 16 Tahun 2005 tentang Kebijakan Pembangunan Kebudayaan dan Pariwisata.
[4] Kotler, Philip. 1996. Marketing. Jilid 1 (Edisi Bahasa Indonesia dari Marketing Esential). Diterjemahkan oleh : Penerbit Erlangg
[5] Marpaung, Happy. 2000. Pengetahuan Kepariwisataan. Bandung: Alfabeta.
Published
2019-03-10
How to Cite
Murianto, M. (2019) “PROMOSI SANGGAR SENI SASAK DHARMAYASA DALAM INDUSTRI PARIWISATA”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 8(1). doi: 10.47492/jih.v8i1.4.
Section
Articles