PENINGKATAN MINAT BELAJAR MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF WINDOW SHOPPING PADA MATA KULIAH EKONOMI PEMBANGUNAN

  • Indah Suprabawati Kusuma Negara Program Studi Ekonomi Hindu, STAHN Gde Pudja Mataram
Keywords: Minat Belajar & Metode Pembelajaran

Abstract

Tujuan utama pembelajaran adalah untuk dapat mengembangkan potensi yang dimiliki mahasiswa dengan baik, untuk mencapai kualitas yang diinginkan perlu adanya berbagai inovasi dalam proses pembelajaran, tenaga pendidik dituntut mampu memilih metode dan media pembelajaran yang tepat. Selain itu kemampuan literasi juga diperlukan dalam proses pembelajaran sehingga nantinya dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa dan memudahkannya dalam memahami materi pembelajaran. Namun, realitanya dalam proses pembelajaran saat ini kemampuan literasi mahasiswa masih rendah sehingga menyebabkan mahasiswa kesulitan dalam memahami materi. ranah kognitif masih menjadi komponen utama dalam penilaian, sehingga perlu dikembangkan penilaian yang dapat mengembangkan kemampuan mahasiswa dari ranah afektif. Untuk meningkatkan kemampuan afektif mahasiswa dapat dilakukan dengan menggunakan  metode yang tepat dalam proses pembelajaran, salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalahWindow Shopping. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester IV Prodi Ekonomi Hindu Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram. Dari hasil analisis data yang didapatkan dari wawancara, observasi dan studi dokumentasi pada mahasiswa Prodi Ekonomi Hindu semester IV didapatkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif Window Shopping memudahkan mahasiswa memahami materi dan juga mampu meningkatkan kreatifitas mahasiswa, hasil observasi juga memperlihatkan minat siswa sangat baik terhadap materi yang diberikan. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif Window Shopping mampu menggembangkan kreatifitas mahasiswa dan meningkatkan minat belajar khususnya mata kuliah Ekonomi Pembangunan.

References

[1] Arsyad, Azar. 1997. Media Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
[2] Angkowo R dan A Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grasindo.
[3] Arikunto, S. 2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
[4] BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
[5] Prastowo, Andi. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta:Diva Press.
[6] Solehuddin, M dkk. 2008. Pembaharuan Pendidikan TK. Jakarta: UT
[7] Sudjana. 2005. Metoda Statistika.Bandung: Tarsito.
[8] Sungkono, dkk. 2003. Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: FIP UNY.
[9] Sukmadinata. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
[10] Supardi U.S., dkk. 2012. Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar FISIKA .Jurnal Formatif 2(1): 71-81 ISSN: 2088-351X.
[11] http://portal.kopertis3.or.id/bitstream/123 456789/738/1/Supardi,%20dkk%2071- 81.pdf (Diakses pada 3 Maret 2016)
[12] Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Penerbit Kencana.
Published
2020-05-28
How to Cite
Negara, I. (2020) “PENINGKATAN MINAT BELAJAR MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF WINDOW SHOPPING PADA MATA KULIAH EKONOMI PEMBANGUNAN”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(1), pp. 105-110. Available at: https://stp-mataram.e-journal.id/JIH/article/view/36 (Accessed: 12August2020).
Section
Articles