HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BACA TULIS HITUNG DENGAN KESIAPAN MASUK SEKOLAH DASAR

  • Ririn Tjahyaningsih Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
  • Hidjanah Hidjanah Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
  • Herviana Herviana Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
Keywords: Kemampuan Baca Tulis Hitung dan Kesiapan Anak Masuk SD.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan baca tulis hitung dengan kesiapan anak masuk sekolah dasar anak TK B AN-NASHR Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor. Berdasarkan studi pendahuluan, diketahui bahwa kesiapan masuk sekolah dasar berbeda-beda. Salah satu hal yang mempengaruhi adalah kemampuan baca tulis hitung. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 34 anak. Teknik pengumpulan data berupa observasi. Teknik analisis data menggunakan rumus Product Moment pearson. Hasil uji korelasi menujukan terdapat hubungan antara kemampuan baca, tulis, hitung dengan kesiapan masuk sekolah dasar anak TK B AN-NASHR Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dari korelasi product moment diketahui bahwa rxy sebesar 0,438, sedangkan rtabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 0,349. Nilai rhitung lebih besar dari rtabel yakni 0,438  0,349 yang berarti tolak Ho dan HI, Hal ini menunjukan bahwa semakin tinggi kemampuan baca tulis hitung maka semakin tinggi pula kesiapan masuk sekolah dasar pada anak TK AN-NASHR kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor.

References

[1] Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta Penada Media Group.
[2] Irwanto. (2011) Final Report. School Readiness Evalution. Faculty of psychology, Atmajaya Indonesia Catholic University. Jakarta
[3] Mudjito. (2007). Pedoman permainan berhitung permulaan di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional , Direktorat Jenderal Manjemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Diktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak Dan Sekolah Dasar
[4] Nurbiana Dhieni,dkk. (2008). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta
Universitas Terbuka.
[5] Nur, Halimah. Dkk. (2010). Kesiapan memasuki sekolah dasar pada anak yang mengikuti pendidikan TK dengan yang tidak mengikuti pendidikan TK di Kabupaten Kudus. Jurnal psikologi. 1(1). Hlm.6
[6] Sartika, Dew. Dkk. (2011). Studi Eksplorasi Mengenai Kesiapan Anak Masuk Sekolah Dasar Ditinjau Dari Hasil Tes NST di Paud Cihanjung dan Paud Ciutra Indah Bandung. Jurnal sosial, Ekonomi, dan Humniora. 2(1).
[7] Saleh Abbas. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.
[8] Santrock, J.W. (2007). Perkembangan anak. (alih Bahasa: Mila Rachmawati & Asna Kuswanti). Jakarta: Erlangga
[9] Sugiyono. (2011). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung
Alfabeta.
[10] _________. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif
Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[11] Sujiyono, Y. N (2014). Metode pengembangan kognitif. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
[12] Tarigan, H G. (1979). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa
[13] Suharsimi Arikunto. (2005). Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
[14] ____________, (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik . Jakart:a: Rineka Cipta.
Published
2024-06-20
How to Cite
Tjahyaningsih, R., Hidjanah, H. and Herviana, H. (2024) “HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BACA TULIS HITUNG DENGAN KESIAPAN MASUK SEKOLAH DASAR”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 13(1), pp. 205-212. doi: 10.47492/jih.v13i1.3386.
Section
Articles