STRATEGI COPING STRESS PADA KORBAN BULLYING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

  • Christiana Christiana Fakultas Psikologi, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
  • Ratriana Y.E. Kusumiati Fakultas Psikologi, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
Keywords: Strategi Coping, Korban Bullying, Faktor Yang Mempengaruhi

Abstract

Strategi coping stress yang dimiliki oleh korban bullying merupakan hal yang penting agar dapat membantu dalam mengatasi serta menerima berbagai tekanan situasi yang tidak dapat diatasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran strategi coping yang digunakan korban bullying serta faktor-faktor yang mempengaruhinya pada siswa SMA. Subjek merupakan dua siswa SMA yang pernah mendapatkan tindakan bullying yang dipilih menggunakan Teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi coping yang dipilih oleh subjek V adalah emotional focused coping dan problem focused coping; dan (2) strategi coping yang dipilih oleh subjek L adalah problem focused coping. Faktor yang mempengaruhi dari masing-masing subjek yaitu kepribadian, tuntutan situasi serta kesenangan

References

[1] Andina, A. N. (2019). Hedonisme Berbalut Cinta dalam Musik K-Pop. Syntax. http://www.jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/100
[2] Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.
[3] Carver, C. S., Scheier, M. F., & Weintraub, J. K. (1989). Assessing coping strategies: A theoretically based approach. Journal of Personality and Social Psychology, 56(2), 267-283.
[4] Chan, F., Kurniawan, A. R., Kalila, S., Amalia, F., Apriliani, D., & Herdana, S. V. (2019). the Impact of Bullying on the Confidence of Elementary School Student. Jurnal Pendas Mahakam, 4(2), 152–157. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/download/347/220/
[5] Coon, D., John, O. M. (2010). Introduction To Psychology. In Introduction To Psychology (Vol. 1). https://doi.org/10.4324/9781315785134
[6] Darney, C., Howcroft, G., & Stroud, L. (2013). the Impact That Bullying At School Has on an Individual’S Self-Esteem During Young Adulthood. International Journal of Education and Research, 1(8), 1–16. www.ijern.com
[7] Emi, R., Syahrial, & Hardi, vitri angraini. (2021). Hubungan Perilaku Bullying Dengan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Kelas V Sd Negeri 37 Pekanbaru. Indonesian Research Journal on Education, 1(1), 1–10. http://irje.org/index.php/irje/article/view/1
[8] Hamid, A. Y. S. (1997). Analisa Konsep Koping : Suatu Pengantar. Jurnal Keperawatan Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.7454/jki.v1i1.1
[9] Herman, H., Nurshal, D., & Oktarina, E. (2018). Hubungan karakteristik remaja dengan perilaku bullying pada siswa SMP Di Kota Padang. Jurnal Keperawatan Soedirman, 12(1), 1–11
[10] Karyono, A. R., & Dewi, E. K. (1998). Strategi penanggulangan (coping) pada ibu yangmengalami postpartumblues di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Semarang.
[11] kemenpppa. (2016). Fenomena Kasus Bullying Di Sekolah. Research Gate, 2.
[12] Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress, appraisal, and coping. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=i-ySQQuUpr8C&oi=fnd&pg=PR5&dq=coping+stress&ots=DgGPqrlkNd&sig=bj86qIEJXSwHur47TpL0i-225BY
[13] Liu, J., & Graves, N. (2011). Childhood bullying: A review of constructs, concepts, and nursing implications. Public Health Nursing. https://doi.org/10.1111/j.1525-1446.2011.00972.x
[14] Makbul, M. (2021). Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian. osf.io. https://osf.io/svu73/download
[15] Maryam, S. (2017). Strategi Coping. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 101.
[16] Rahardjo, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: konsep dan prosedurnya. repository.uin-malang.ac.id. http://repository.uin-malang.ac.id/1104
[17] Rigby, K. (1999). WHAT HARM DOES BULLYING DO ? WHAT HARM DOES BULLYING DO ? University of South Australia convened by the Australian Institute of Criminology. Children and Crime: Victims and Offenders, January(January), 1–13.
[18] Saomah, A. (2015). Tugas-tugas Perkembangan Siswa SMP. UPI Repository. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI_PEND_DAN_BIMBINGAN/196103171987032-AAS_SAOMAH/Tugas-tugas_Perkembangan_Siswa_SMPx.pdf
[19] Sullivan, Keith., Cleary, Mark & Sullivan, Ginny. (2005). Bullying in Secondary Schools: What it looks like and how to manage it. California: Corwin Press
[20] Tumon, M. B. A. (2014). Studi Deskriptif Perilaku Bullying pada Remaja Matraisa Bara Asie Tumon. 3(1), 1–17.
[21] Utomo, M. I. T. (2016). Strategi Coping Korban Bullying Verbal Pada Siswa Verbal Bullying Victims Coping Strategy in Class Xi in Sma State 11. E-Journal Bimbingan Dan Konseling, 590–602.
[22] Wahab, M., Sujadi, E., & Setioningsih, L. (2017). Strategi Coping Korban Bullying. Jurnal Tarbawi, 13(02), 21–32.
Published
2024-06-03
How to Cite
Christiana, C. and Kusumiati, R. (2024) “STRATEGI COPING STRESS PADA KORBAN BULLYING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 13(1), pp. 73-82. doi: 10.47492/jih.v13i1.3321.
Section
Articles