Studi Analisis Penerapan Tanggung Jawab Sosial (CSR) di perhotelan

  • Muhamad Alam Setiawan Universitas Bumigora
  • Muharis Muharis Universitas Bumigora, Indonesia
Keywords: CSR, Tanggung Jawab Sosial, Industri Perhotelan, Triple Bottom Line.

Abstract

Industri perhotelan adalah industry pendukung pariwisata yang paling penting dan krusial. banyak dampak-dampak social lingkungan yang terjadi seiring berjalannya bisnis perhotelan ini. Yang menjadi solusi paling baik atas permasalahan tersebut adalah dengan penerapan Corporate Soicial Responsibility (CSR) atau disebut dengan tanggung jawab sosial. Dalam penerapan tanggung jawab sosial, hotel harus memperhatikan konsep triple bottom line yang menitikan pada tiga elemen dasar yaitu sosial (people), lingkungan(planet) dan ekonomi (profit). Penerapan CSR dan konsep triple bottom line ini sudah seharusnya diterapkan dengan baik oleh industri perhotelan yang ada di Lombok juga. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa penerapan CSR yang dilakukan oleh hotel yang ada di Gili Trawangan, Lombok. Subjek dari penelitian ini adalah tiga hotel yang telah dipilih di Gili Trawangan. Penelitian dilakukan dengan Teknik pengambilandata menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil yang ditemukan bahwa pada umumnya hotel di Gili Trawangan telah mengimplementasikan CSR dengan baik namun masih berdasarkan pada momentum acara seperti hari jadi hotel, hari raya keagamaan, bahkan momentum bencana alam. Walaupun demikian, penerapan CSR pada hotel di Gili telah memenuhi konsep triple bottom line dimana segala aktivitas CSR telah berkaitan dengan konsep sosial (people), lingkungan (planet) dan ekonomi (Profit). Bagaimanapun, masih ada yang perlu dievaluasi dari penerapan CSR yang telah dilakukan.

Kata Kunci: CSR, Tanggung Jawab Sosial, Industri Perhotelan, Triple Bottom Line.

 

Published
2024-06-13
How to Cite
Setiawan, M. and Muharis, M. (2024) “Studi Analisis Penerapan Tanggung Jawab Sosial (CSR) di perhotelan”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 13(1), pp. 137-150. doi: 10.47492/jih.v13i1.3288.
Section
Articles