ANALISIS GAYA BAHASA DALAM IKLAN PESONA PARIWISATA NTB PADA KONTEN YOUTUBE

  • Nina Nina STKIP Muhammadiyah Bogor
Keywords: Gaya Bahasa, Iklan, Pesona Pariwisata & Youtube.

Abstract

Nusa Tenggara Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki keindahan alam dan budaya yang menarik. Meningkatnya jumlah wisatawan dan para investor serta Pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika merupakan prestasi yang gemilang bagi NTB. Perkembangan yang pesat ini tidak lepas dari peran Dinas Pariwisata NTB yang terus mempromosikan pariwisata NTB. Dinas Pariwisata NTB berkembang mengikuti zaman dalam melakukan promosi, tidak hanya melalui radio dan televisi tetapi mulai beralih menggunakan media sosial tentu saja alasannya karena lebih praktis dan murah. Iklan bertujuan untuk mempengaruhi dan meyakinkan calon pembeli. Dalam pembuatan iklan tentu menggunakan bahasa, gaya bahasa sangat berpengaruh terhadap daya tarik sebuah iklan. Tujuan penelitan ini adalah mendeskripskan gaya bahasa pada iklan pesona pariwisata  yang diproduksi oleh Dinas Pariwisata NTB dan dipublikasikan di youtube. Pada penelitian ini berjenis penelitian kualitatif deskriptif, yakni memaparkan hasil penelitian secara deskriptif. Sumber datanya adalah iklan Dinas Pariwisata NTB pada konten youtube. Teknik pengambilan datanya yakni dengan simak catat. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah  26 gaya bahasa yang terdiri dari: 2 gaya metafora, 1 gaya bahasa hiperbola, 8 gaya bahasa personifikasi, 2 gaya bahasa repetisi, 6 gaya aliterasi, 1 gaya bahasa asonasi, 1 gaya bahasa sinekdoke pars pro toto, 2 gaya sinekdoke totem pro toto, 1 gaya bahasa elipsis, dan 2 gaya bahasa denotatif. Gaya bahasa personifikasi banyak digunakan dalam iklan Pesona Pariwisata NTB dengan tujuan memperindah tulisan agar lebih menarik.

References

[1] Arifin, dkk. 1992. Pemakaian Bahasa dalam Iklan Berita dan Papan Reklame. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
[2] Chaer, Abdul. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
[3] Lazfihma. 2014. Analisis Gaya Bahasa dalam Slogan Iklan Minuman di Televisi. Skripsi PBSI: Universitas Negeri Yogyakarta.
[4] Kemendikbud. 2005. KBBI: Edisi kelima. Jakarta: Balai Pustaka.
[5] Keraf, Gorys. 2004. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia.
[6] Moleong, Lexy J. 2002. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
[7] Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
[8] Nina dan Ahyati. Bahasa Indonesia: Pengantar Dasar Menulis di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Deepublish.
[9] Tarigan, Henry Guntur. 1985. Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa.
Published
2020-05-27
How to Cite
Nina, N. (2020) “ANALISIS GAYA BAHASA DALAM IKLAN PESONA PARIWISATA NTB PADA KONTEN YOUTUBE”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(1), pp. 71-76. Available at: https://stp-mataram.e-journal.id/JIH/article/view/32 (Accessed: 12August2020).
Section
Articles