PENGARUH KOMPETENSI DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI APARATUR SIPIL NEGARA PADA DINAS PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR

  • M. Thamrin Noor Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sampit
  • Hari Susanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sampit
  • Deky Prasetyo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sampit
  • Ahmad Rudini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sampit
  • Irhamni Irhamni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sampit
Keywords: Kompetensi, Pelatihan, dan Kinerja Pegawai

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kotawaringin Timur. Peneliti melakukan penelitian dengan judul : “PENGARUH KOMPETENSI DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA PADA DINAS PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR”. Penelitian ini berupaya menjelaskan asumsi bahwa Kompetensi dan Pelatihan memiliki Pengaruh pada Kinerja Apartur Sipil Negara Pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kotawaringin Timur. Dalam penelitian ini, penyebaran kuesioner sebanyak 46 eksemplar, yang layak untuk dijadikan sampel penelitian adalah 46 orang, untuk mendapatkan data maka peneliti menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada para Aparatur Sipil Negara Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kotawaringin Timur. Untuk uji instrument menggunakan uji validitas, reliabilitas instrument penelitian sedangkan teknik analisis menggunakan analisis deskriptif, regresi linier berganda, koefesien korelasi dan determinasi sedangakan uji hipotesis penelitian menggunakan ujit t dan uji f.  Berdasarkan pada uji-t (parsial) menunjukkan bahwa Pengaruh Kompetensi (X1) terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara  Pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kotawaringin Timur. Hal ini dibuktikan dengan nilai kompetensi (thitung 2.412) > (ttabel 2,01808) dengan tingkat signifikan (0,020 < 0,05). Artinya terdapat pengaruh signifikan antara kompetensi terhadap kinerja Aparaur Sipil Negara . Sedangkan untuk uji-t untuk variabel Pelatihan (X2) bahwa terdapat Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Aparatur Ssipil Negara Negara . Hal ini dibuktikan dengan nilai pelatihan (thitung 3,908) > (ttabel  2,01808) dengan tingkat signifikan (0,000 < 0,05). Berdasarkan pada uji F (simultan) menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Kompetensi dan Pelatihan Kinerja Aparatur Sipil Negara  Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kotawaringin Timur. Hal ini dibuktikan dengan nilai (fhitung 21.746) > (ftabel 3,22) dengan tingkat signifikan (0,000 < 0,05). Berdasarkan analisa korelasi diperoleh angka R sebesar 0,709 menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang kuat antara Kompetensi dan Pelatihan Kinerja Aparaur Sipil Negara  Pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kotawaringin Timur. Dari hasil diperoleh nilai Adjusted R Square (R2) sebesar 0,480 yang menyatakan bahwa kedua variabel independen yaitu Kompetensi(X1) dan Pelatihan (X2) mempengaruhi variabel dependen yaitu Kinerja Pegawai (Y) sebesar 48%  dan sisanya sebesar 52% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti Motivasi, Kompensasi, Lingkungan Kerja, dan sebagainya.

References

[1] Adji Sigit Sutedjo dan Anwar Prabu. (2013). “Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Pegawai Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Inti Kebun Sejahtera”. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya
[2] Cindy Ayu Lestari dan Anggi Pasca Arnu (2021), “Pengaruh Pelatihan dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Bekasi. Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
[3] Edi Saputra Pakpahan, Siswidiyanto, Sukanto, (2014), “Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai Studi pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang

[4] Hidayat, F., & Rudini, A. (2023). PENGARUH PROFESIONALISME DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Studi Kasus pada Kantor KPP Pratama Sampit). Profit: Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 8(1), 51-61.
[5] Muhammad Wais Alkarni (2021). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kotawaringin Timur. Program Studi S-1 Manajemen. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sampit. Sampit
[6] M. Septianur dan M. Yani (2021) pengaruh kompetensi dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai negeri sipil pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman di Kabupaten Kotawaringin Timur. Program Studi S-1 Manajemen. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sampit. Sampit
[7] Noor, M. T. (2023). PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG SAMPIT. Profit: Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 8(1), 11-18.
[8] Noor, M. T., Rudini, A., Christiana, A., Prasetyo, D., & Susanto, H. (2023). Job Embeddedness and Organizational Commitment In Controversial Industry: Mediating Role Of Collectivism. Quality-Access to Success, 24(196).
[9] Prasetyo, D. (2023). PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI ASN PADA DINAS PERTANIAN DI KABUPATEN KOTAWARINGIN. Profit: Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 8(2), 104-113.
[10] Sudarmanto.2009. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM (Teori, Dimensi Pengukuran, dan Implementasi dalam Organisasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[11] Sri Wulandari (2021), Pengaruh Kompetensi Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Pegawai di Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) H. Asan Sampit. Program Studi S-1 Manajemen. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sampit. Sampit
[12] A.A. Anwar Prabu Mangkunegara, 2014, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
[13] Edison, Emron. Yohny anwar, Imas komariyah. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.
[14] Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.
[15] Hasibuan, Malayu S.P. 2009.Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: BumiAksara.
[16] Mangkunegara 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Perusahaan. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
[17] Sedarmayanti. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil (cetakan kelima). Bandung : PT. Refika Aditama.
[18] Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Manajemen (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan (R&D).Bandung : CV Alfabeta
[19] Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta
[20] Sugiyono, 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
[21] Veithzal Rivai (2011), Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: dari Teori ke praktik, Jakarta: Raja Grafindo, Persada.
[22] Wibowo, 2016. Manajemen Kinerja, Edisi Kelima, PT.Rajagrafindo Persada Jakarta
[23] Widodo, S. E. (2015). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Pusaka Pelajar.
[24] Undang-Undang Nomor 1 tahun 2009 tentang penerbangan pasal 222 yang menyatakan bahwa setiap pegawai/personil wajib memiliki lisensi atau sertifikat kompetensi yang sah dan masih berlaku.
[25] Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2017 Tentang Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara (ASN).
Published
2023-12-22
How to Cite
Noor, M. T., Susanto, H., Prasetyo, D., Rudini, A. and Irhamni, I. (2023) “PENGARUH KOMPETENSI DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI APARATUR SIPIL NEGARA PADA DINAS PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(2), pp. 559-570. doi: 10.47492/jih.v12i2.3006.
Section
Articles