POTENSI PEMANFAATAN SUSU KACANG KEDELAI SEBAGAI BAHAN PENGGANTI PEMBUATAN ES PUTER SECARA TRADISIONAL

  • Johannes Kurniawan Tourism Academy Bunda Mulia
Keywords: Uji Organoleptik, Es Puter, Susu Kacang Kedelai & Kualitas Makanan

Abstract

Es krim merupakan salah satu produk olahan susu bersifat semi padat yang biasa dikonsumsi masyarakat sebagai makanan selingan, teksturnya yang lebut banyak disukai oleh segala kalangan dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Prinsip pembuatan es krim adalah pembentukan rongga udara pada campuran bahan es krim atau disebut juga Ice Cream Mix (ICM) sehingga diperoleh penambahan volume yang membuat es krim jadi lebih ringan, tidak terlau padat dan mempunyai tekstur yang lembut. Komposisi gizi per 100gr es krim adalah energi 207kkal, protein 4gr dan lemak 12.5gr. Salah satu produk sederhana dari es krim adalah es puter. Es puter yang menggunakan bahan dasar susu kacang kedelai. Hasil penelitian berupa data uji kualitas organoleptik es puter berupa warna, tekstur, aroma, dan rasa dari beberapa panelis yang diambil datanya berdasarkan analisis variansi menunjukan penambahan sayur bayam hijau berpengaruh terhadap tingkat kesukaan es puter yang berbahan susu kacang kedelai. Perlakuan dengan menggantikan susu hewani dengan susu kacang kedelai menggunakan perbandingan sebesar 0%, 25% dan 50% berpengaruh terhadap perubahan kualitas yang terjadi pada es puter berbahan susu kacang kedelai. Dengan hanya melakukan pembedaan penggantian susu dengan susu kacang kedelai sebesar 0%, 25% dan 50% dapat membuktikan adanya pengaruh terhadap perubahan kualitas pada produk es puter berbahan susu kacang kedelai

References

[1] Andiyanto, S. 2008. Pembuatan Es Krim Probiotik dengan Substitusi Susu Fermentasi Lactobacillus casei subsp. Rhamnosus dan Lactobacillus F1 Terhadap Susu Skim. Skripsi. Bogor: IPB.
[2] Suprapto. 2001. Bertanam Kedelai. Jakarta: Penebar Swadaya.
[3] Suprapti, Lies M. 2005. Kembang Tahu dan Susu Kedelai. Yogyakarta: Kanisius.
[4] Walstra, P., T.J. Geurts, A. Noomen, A. Jellema, M.A.J.S. van Boekel, 1999. Dairy Technology : Principles of Milk and Processing. Marcel Dekker, Inc. New York.
[5] Susanti, D. 2005. Pembuatan Es Puter Yoghurt Kedelai dengan penambahan probiotik Lactobacillusacidophilus dana tau Bifidobacterium bifidium. Bogor : FATETA-IPB
[6] Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2012. Prinsip – prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid I. Jakarta: Erlangga
[7] Margaretha S. & Edwin Japarianto (2012). Analisa Pengaruh Food Quality & Brand Image terhadap Keputusan Pembeli Roti Kecik Toko Roti Ganep’s di Kota Solo. Jurnal Manajemen Pemasaran.
[8] Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
[9] [9] Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta
Published
2020-05-27
How to Cite
Kurniawan, J. (2020) “POTENSI PEMANFAATAN SUSU KACANG KEDELAI SEBAGAI BAHAN PENGGANTI PEMBUATAN ES PUTER SECARA TRADISIONAL”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(1), pp. 55-62. doi: 10.47492/jih.v9i1.30.
Section
Articles