PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DI ANAK USAHA PT. PRATAMA WISATA LINTASNUSA JALANKEBROMO

  • Nadia Gita Karisma Program Studi Diploma IV Manajemen Bisnis Pariwisata, Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Aprillia Divi Yustita Program Studi Diploma IV Destinasi Pariwisata, Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Randhi Nanang Darmawan Program Studi Diploma IV Manajemen Bisnis Pariwisata, Politeknik Negeri Banyuwangi
Keywords: Service Quality, Tourist Satisfaction, Travel Agent, Jalankebromo

Abstract

Anak Usaha PT. Pratama Wisata Lintasnusa Jalankebromo merupakan biro perjalanan wisata melayani berbagai jenis tour diantaranya adalah open trip, private trip, dan sewa jeep yang berada dibawah naungan perusahaan PT. Pratama Wisata Lintasnusa. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan wisatawan yang menggunakan layanan anak usaha PT. Pratama Wisata Lintasnusa Jalankebromo adalah subjek penelitian ini. Penelitian ini adalah jenis kuantitatif, dan sampelnya terdiri dari 95 orang yang menjawab pertanyaan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive. Jalankebromo, anak usaha PT. Pratama Wisata Lintasnusa, membagikan kuesioner kepada wisatawan. Uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linear sederhana, koefisien determinasi, dan uji parsial digunakan dalam analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis dapat diterima karena kualitas pelayanan memiliki pengaruh besar dan positif terhadap kepuasan wisatawan

References

[1] R. Crotti and T. Misrahi, Tourism Competitiveness - Paving the way for a more sustainable and inclusive future. 2017. [Online]. Available: http://www3.weforum.org/docs/WEF_TTCR_2017_web_0401.pdf
[2] N. K. Widyastuti, Pariwisata Spiritual: Daya Tarik Wisata Palasari Bali Entrepreneurship View project leadership View project, 1st ed. Pustaka Larasan, 2017. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/318012421
[3] M. S. Abadi, “Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen,” J. Ilm. Ekon. Manaj. J. Ilm. Multi Sci., vol. 13, no. 1, pp. 24–34, 2022, doi: 10.52657/jiem.v13i1.1730.
[4] M. N. Puja, “Implementasi Strategi Pelayanan Prima Pada Bisnis Biro Perjalanan Wisata Perspektif Etika Bisnis Islam Studi Terhadap Strategi Bisnis CV. Mitra Inter Nusapada Tour and Travel Purwokerto Banyumas,” 2019, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/295326147.pdf
[5] A. A. Zain, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen,” J. Sains Manaj. Dan Bisnis Indones., vol. 9, no. 2, pp. 114–126, 2019, doi: 10.55352/maqashid.v2i2.269.
[6] F. Hamzah, Y. A. Ghani, and Z. A. Silfana, “Seberapa Besar Kualitas Pelayanan Dapat Mempengaruhi Keputusan Tamu Menginap?,” J. Kaji. Pariwisata, vol. 4, no. 2, pp. 100–109, 2022, doi: 10.51977/jiip.v4i2.769.
[7] F. Tjiptono, Pemasaran jasa, Krakateristik Jasa, Prinsip, Penerapan, dan Penelitian., vol. 44, no. 8. 2014. doi: 10.1088/1751-8113/44/8/085201.
[8] U. Hatimah, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Prima Unggul Global (Tour&Travel) Di Kota Makassar, vol. 14, no. 2. 2020. [Online]. Available: http://www.unpcdc.org/media/15782/sustainable procurement practice.pdf%0Ahttps://europa.eu/capacity4dev/unep/document/briefing-note-sustainable-public-procurement%0Ahttp://www.hpw.qld.gov.au/SiteCollectionDocuments/ProcurementGuideIntegratingSustainabilit
[9] H. Hasbullah and A. I. S. Amri, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cv Bahagia Samarinda,” Business, Entrep. Financ., vol. 1, no. 2, pp. 98–107, 2021, [Online]. Available: https://doi.org/10.53067/ijebef
[10] V. C. Mende, Q. C. Kainde, and F. I. Sangkop, “Virtual Tour Pariwisata Kelurahan Lahendong Berbasis Web Menggunakan Metode Prototyping,” J. Penelit. Rumpun Ilmu Tek., vol. 2, no. 2, pp. 187–199, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.55606/juprit.v2i2.1963
[11] D. E. Priyono, “PERENCANAAN STRATEGIS DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN KARANGANYAR DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA,” Digilib.UNS, pp. 1–23, 2016.
[12] N. M. A. Y. Putri, I. G. S. Mananda, and N. P. E. Mahadewi, “Pengaruh Biro Perjalanan Wisata Sebagai Saluran Distribusi Terhadap Tingkat Hunian Kamar Pada Hotel All Seasons Legian Bali,” J. IPTA, vol. 2, no. 2, p. 34, 2014, doi: 10.24843/ipta.2014.v02.i02.p07.
[13] M. Ibrahim and S. M. Thawil, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen,” J. Ris. Manaj. dan Bisnis Fak. Ekon. UNIAT, vol. 4, no. 1, pp. 175–182, 2019, doi: 10.36226/jrmb.v4i1.251.
[14] M. Amin, “Economics bosowa journal edisi xxiv januari s/d maret 2018,” Econ. Bosowa J., vol. 4, no. 001, pp. 67–79, 2018.
[15] F. Tjiptono, “Pemasaran jasa, Krakateristik Jasa, Prinsip, Penerapan, dan Penelitian.,” no. January 2014, pp. 18–19, 2019.
[16] Sugiyono, Metode Penelitian Kuntitati, Kualitatif dan R&D. Bandung, 2017. [Online]. Available: https://perpustakaan.gunungsitolikota.go.id/uploaded_files/temporary/DigitalCollection/YjU0ZDA0M2M0ZjE5ZWM0ZTk3NWI0MGJhYmI2YWYyNmM1YTFlNWE5Yg==.pdf
[17] A. Setiawan, N. Qomariah, and H. Hermawan, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen,” Al-Maqashid J. Econ. Islam. Bus., vol. 2, no. 2, 2019, doi: 10.55352/maqashid.v2i2.269.
[18] I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multiveriate dengan program IBM SPSS 25 Edisi 9. Badan penerbit UNDIP, 2018. [Online]. Available: https://www.vscribd.com/id/view-doc/644946086?q=aHR0cHM6Ly9pZC5zY3JpYmQuY29tL2RvY3VtZW50LzY0NDk0NjA4Ni9HaG96YWxpLUVkaXNpLTktcGRm&f=UERG
[19] D. Priyatno, SPSS PanduanMudah Olah Data bagi Mahasiswa dan Umum. Penerbit ANDI (Anggota IKAPI), 2018.
[20] N. M. Yuliadarwati, M. Agustina, S. Rahmanto, and S. Septyorini, “Gambaran Aktivitas Fisik Berkorelasi Dengan Keseimbangan Dinamis Lansia,” J. Sport Sci., vol. 10, no. 2, pp. 107–112, 2020, doi: 10.17977/um057v10i2p107-112.
[21] Hamzyah, “PENGARUH RESPONSIVENESS, TANGIBLE, DAN EMPHATY TERHADAP KEPUASAN PELAYANAN PELANGGAN PADA PT. PLN (Persero) DI KABUPATEN ENREKANG,” Profitab. J. Ilmu Manaj., vol. 3, no. 1, 2019, [Online]. Available: https://journal.unismuh.ac.id/index.php/profitability/article/view/2507
[22] E. Nawangsasi and F. L. Purnami, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Natra Tour Dan Travel Di Surakarta,” J. Account., vol. 8, no. 2, pp. 74–79, 2021.
[23] I. N. Parta and N. W. Rani, “PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA BIRO PERJALANAN WISATA PT . BARATA DEWATA ASRI BALI Keywords : Service Quality , Customer Satisfaction , Travel Bureau . Kata kunci : Kualitas Layanan , Kepuasan Pelanggan , Biro Perjalanan Wisata,” vol. 9, no. 1, 2019.
Published
2024-05-19
How to Cite
Karisma, N., Yustita, A. and Darmawan, R. (2024) “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DI ANAK USAHA PT. PRATAMA WISATA LINTASNUSA JALANKEBROMO”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 13(1), pp. 1-10. doi: 10.47492/jih.v13i1.2993.
Section
Articles