ANALISIS KUALITAS PRODUK MAKANAN TRADISIONAL JAWA BARAT TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN DI KOTA BANDUNG

  • Sukarno Wibowo Poltekpar NHI Bandung
Keywords: Kualitas Produk, Keputusan Wisatawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kualitas produk dan keputusan wisatawan serta pengaruh kualitas produk terhadap keputusan wisatawan di Kota Bandung.Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian penjelasan pada 30 wisatawan yang sedang mengkonsumsi makanan tradisional secara kebutulan dengan menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kualitas produk makanan tradisional berada dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari dimensi performance, features, keandalan, conformance, durability, kemampuan pelayanan, estetika, perceived quality. Selanjutnya, keputusan wisatawan untuk mengkonsumsi makanan tradisional berada dalam kategori baik juga. Hal ini dapat dilihat dari segi kognitif, afektif dan konatif. Dilihat dari segi kognitif maka wisatawan memiliki pemahaman yang baik terhadap makanan tradisional di Kota Bandung. Pada dimensi afektif wisatawan memiliki anggapan yang baik terhadap makanan tradisional di Kota Bandung. Kemudian pada dimensi konatif maka wisatawan memiliki keinginan untuk mengkonsumsi makanan tradisional Jawa Barat. Sementara itu, kualitas produk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan wisatawan yaitu sebesar 86,8% artinya semakin baik kualitas produk maka semakin baik pula keputusan wisatawan untuk mengkonsumsi makanan tradisional

References

[1] Basu Swastha. 2006. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty
[2] Belch, George E., and Belch. Michael A. 2004. Advertising and Promition: An Integrated, Mark.
[3] Buchari Alma. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Penerbit Alfabeta.
[4] Fandy Tjiptono. 2001. Manajemen Jasa. Penerbit Andi : Yogyakarta
[5] Fandy Tjiptono, Anastasia Diana. 2002. Total Quality Management. Edisi Revisi. ANDI,. Yogyakarta.
[6] Heizer, Jay dan Render, Barry. 2004. Manajemen Operasi (Edisi 7). Jakarta : Salemba Empat
[7] Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2009. Principles of Marketing. New Jersey; Pearson Prentice Hall.
[8] Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Marketing Management. New Jersey: Pearson Education International.
[9] Lovelock, Cristopher and Lauren Wright. 1994. Principles of Service Marketing and Management., (2nd ed). New Jersey: Pearson Education.
[10] Mowen, John C. dan Minor Michael. 2002. Perilaku Konsumen. Jilid 2. (alih bahasa Dwi Kartini Yahya). Edisi Kelima. Jakarta: Penerbit Erlangga.
[11] Peter dan Olson. 2002. Consumer Behavior. edisi 6. McGraw-Hill.
[12] Prawirosentono, Suyadi. 2002. Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta : BPFE
[13] Schiffman, Leon G, dan Lesli Lazer Kanuk. 2003. Consumer Behaviour. New Jersey: Prentice Hall.
[14] Steiner, Gary. 2006. Human Behavior: Inventory of Scientific finding: New York: Harcourt Brace Javanovich
[15] Stephen D Ross. 1993. Segmenting Sport Fans Using Brand Associations: A Cluster Analysis. Sport Marketing Quarterly, 16(1), 15-19,21-24. Retrieved December 4, 1993, from ABI/INFORM
Published
2023-12-17
How to Cite
Wibowo, S. (2023) “ANALISIS KUALITAS PRODUK MAKANAN TRADISIONAL JAWA BARAT TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN DI KOTA BANDUNG”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(2), pp. 893-904. doi: 10.47492/jih.v12i2.2989.