IMPLIKASI TINGKAT PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG MASJID JABAL ARAFAH DESTINASI KOTA BATAM

  • Giovani Giovani Jurusan Manajemen Divisi Kamar, Politeknik Pariwisata Batam; Jl. Gajah Mada, Tiban Lama, Kec. Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau
  • Andri Wibowo Jurusan Manajemen Divisi Kamar, Politeknik Pariwisata Batam; Jl. Gajah Mada, Tiban Lama, Kec. Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau
  • Arina Luthfini Lubis Jurusan Manajemen Divisi Kamar, Politeknik Pariwisata Batam; Jl. Gajah Mada, Tiban Lama, Kec. Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau
Keywords: Pelayanan, Kepuasan Pengunjung, Destinasi Wisata, Wisata Religi, Kota Batam

Abstract

Provinsi Kepulauan Riau menawarkan banyak lokasi wisata yang menarik, dan pariwisata merupakan industri utama yang memberikan kontribusi signifikan terhadap kemajuan ekonomi masyarakat. Lokasi Batam berlokasi ideal antara Singapura dan Malaysia, menjadikannya pusat perdagangan. Industri perhotelan dan pariwisata juga berkembang. Slogan “Kepulauan Kepri Indah” merupakan salah satu inisiatif dan metode pemasaran yang dilakukan Pemerintah Daerah Kepri. Situs web untuk pariwisata Masjid Jabal Arafah merupakan salah satu tempat wisata religi di Batam dengan ciri khas arsitektur modern. Pengelola Masjid Jabal Arafah harus memperhatikan pelayanan yang diberikan agar tercipta destinasi yang sesuai bagi wisatawan dan dapat memenuhi ekspektasi pengunjung. Untuk mengumpulkan data untuk penelitian ini, berbagai prosedur harus digunakan, termasuk kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumen. Jenis analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil uji menggunakan software SPSS, dapat dinyatakan bahwa seluruh item pernyataan atau pertanyaan yang diberikan dari seluruh variabel X1, X2, X3, X4, X5 dan Y adalah valid, karena nilai r hitung > r tabel. Berdasarkan hasil uji reliabilitas X dan Y diatas, dapat dinyatakan bahwa semua nilai Cronbach’s Alpha variabel X1 (0.672), X2 (0.848), X3 (0.811), X4 (0,813), X5 (0,855) dan Y (0.797) memiliki nilai yang lebih besar dari 0,60 sehingga dinyatakan reliabel. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hipotesis alternatif untuk semua variabel diterima. Formulasi hasil persamaan regresi linier berganda adalah Y = 0,787 + 0.091 X1 – 0,210 X2 + 0,117 X3 + 0,942 X4 + 0,524 X5. Faktor pelayanan memberikan pengaruh sebanyak 74,3% dalam keputusan pengunjung, sisanya sebesar 25,7% diluar dari yang dari variabel yang ditetapkan oleh penelitian ini.

References

[1] Abadiyah, R., & Purwanto, D. (2016). Pengaruh Budaya Organisasi, Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai Bank di Surabaya. Indonesia Accounting Journal, 2(1).
[2] Alfarisi, M. R., & Sofyan, A. (2022). Pesan Pariwisata Pada Aplikasi Instagram Tentang Objek Wisata Situ Cileunca Pangalengan. 2.
[3] Amalia, E., Supardi, & Lubis, A. L. (2023). Strategi Branding “Terpikat Pulau Penyengat” Sebagai Destinasi Wisata Sejarah, Budaya & Religi di Kepulauan Riau. DIMENSI, 12(01), 212–229. https://doi.org/https://doi.org/10.33373/dms.v12i1.5000
[4] Diadona. (2021). Pengertian Objek Wisata, Daya Tarik Wisata, Wisata Alam, dan Definisi Menurut Para AhliNo Title. 12 Juli 2021.
[5] Fadhilah, M., & Cahya, A. D. (2022). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, lokasi dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen dengan word of mouth sebagai variabel moderasi. Forum Ekonomi, 3(3), 607–617. https://doi.org/10.29264/jfor.v24i3.11336
[6] Gonibala, N., Masinambow, V. . A. J., & Maramis, M. T. B. (2019). Analisis Pengaruh Modal dan Biaya Produksi Terhadap Pendapatan UMKM di Kota Kitamobagu. 19(01).
[7] Halim, F., Kurniullah, A. Z., Butarbutar, M., Efendi, Sudarso, A., Purba, B., Lie, D., Sisca, Simarmata, H. M. P., Permadi, L. A., & Novela, V. (2021). Manajemen Pemasaran Jasa. In Manajemen Pemasaran Jasa (1st ed.). Yayasan Kita Menulis.
[8] Ikhlas, R. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Heha Sky View Yogyakarta. 1(1), 16–25.
[9] Ilahi, A. A. A., & Arifuddin. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank. Jurnal Signaling, 10(2), 58. https://doi.org/10.56327/signaling.v10i2.1093
[10] Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180
[11] Kotler, P. (n.d.). Marketing Management.
[12] Mahira, Hadi, P., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome. Journal Of Communication Education, 15. https://doi.org/10.58217/joce-ip.v15i1.226
[13] Manalu, A., & Mesra, M. (2019). Analisis Analisis Produk Kerajinan Lampu Hias Dari Batok Kelapa Pada Perajin Wak Jek Art (Wja) Di Medan Ditinjau Dari Bentuk. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 8(1). https://doi.org/10.24114/gr.v8i1.13638
[14] Nanincova, N. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe And Bistro. 2, 1–5.
[15] Prasetio, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Acman: Accounting and Management Journal, 1–6. https://doi.org/10.55208/aj.v1i2.25
[16] Pratama, H. F. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Objek Wisata Sejarah Benteng Malborough Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
[17] Purwanti, N. D., & Dewi, R. M. (2014). Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Mojokerto Tahun 2006-2013. 1–12.
[18] Putri, S. P. A., Wibowo, A., & Lubis, A. L. (2023). Analisis Pengaruh Kinerja Pengawas Kamar Terhadap Kepuasan Tamu di Hotel Pacific Palace Batam. Jurnal Mata Pariwisata, 2(1), 29–33. https://doi.org/https://doi.org/10.59193/terapan_pariwisata_5
[19] Ratnaningsih.et.al, H. P. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Kepuasan Dalam Pembuatan E - KTP Di Kecamatan Coblong Kota.
[20] Renita. (2021). Pengertian Obyek Wisata Menurut Para Ahli Dan Jeni-jenis Wisata.
[21] Rindiasari, Hidayat, Yuliani, P. R., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji Validitas Dan Reliabilitas Angket Kepercayaan Diri. 4(5). https://doi.org/10.22460/fokus.v4i5.7257
[22] Safrizal, Ilham, W., & Wibowo, A. (2022). Analisis Mutu Pelayanan Departemen Housekeeping di Travelodge Hotel Batam. Jurnal Mekar, 1(2), 41–50. https://doi.org/https://doi.org/10.59193/jmr.v1i2.72
[23] Simbolon, S. O., Lubis, A. L., & Wibowo, A. (2023). Strategi SWOT Untuk Mengembangkan Potensi Destinasi Wisata Pantai Melayu di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama Dan Budaya, 8(2), 81–95. http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/parbud/article/view/3067
[24] Suhartapa, S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Taman Indonesia Kaya Semarang. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 13(2), 99–107. https://doi.org/10.31294/khi.v13i2.12337
[25] Supardi, Lubis, A. L., Wibowo, A., & Zaharafatimah. (2023). Pelatihan Layanan Perjalanan Wisata Berbahasa Inggris Di SMK Negeri 2 Batam. Jurnal Keker Wisata, 1(2), 153–162. https://doi.org/https://doi.org/10.59193/jkw.v1i2.172
[26] Welianto, A., & Nailuar, N. N. (2019). Populasi: Pengertian, Faktor, dan Ciri-cirinya.
[27] Wibowo, A. (2019). Attraction, Infrastructure, Facilitation and Hospitality dalam Pengembangan Desa Wisata: Studi kasus Bono Kelurahan Teluk Meranti, Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan. VITKA Jurnal Manajemen Pariwisata, 01(02), 9–15. https://www.scribd.com/document/501754842/document-2
[28] Wijaya, I. K. (2018). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Cv Bukit Sanomas. 6(2).
[29] Wikipedia. (2023). Pariwisata di Kepulauan Riau.
[30] Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1). https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.357
[31] Zarkasih, H. (2019). Pengaruh Fasilitas, Servicecapes ..., Haris Zarkasih, FEB UMP, 2022. 2016, 10–23.
Published
2023-12-16
How to Cite
Giovani, G., Wibowo, A. and Lubis, A. L. (2023) “IMPLIKASI TINGKAT PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG MASJID JABAL ARAFAH DESTINASI KOTA BATAM”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(2), pp. 655-666. doi: 10.47492/jih.v12i2.2984.