PERUBAHAN NILAI GIZI TERHADAP SAJIAN TURKISH DELIGHT DENGAN PEMANFAATAN GULA SINGKONG SEBAGAI ALTERNATIF PERMEN RENDAH KALORI

  • Amalia Juliana Monika Intan AKPAR NHI Bandung
  • Rika Solihah AKPAR NHI Bandung
Keywords: Gula Singkong, Turkish Delight, Permen dan Rendah kalori

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai penggunaan gula singkong sebagai bahan utama dalam pembuatan turkish delight. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya sumber singkong di Indonesia dan kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai gula singkong yang dapat jadi pilihan sebagai pengganti gula pasir. Selain itu gula singkong memiliki kalori yang sangat rendah sekitar 50% lebih rendah dibandingkan dengan gula pasir sehingga dapat jadi alternatif bagi yang sedang menjalankan diet rendah kalori. Turkish Delight adalah sebuah camilan khas Turki yang terkenal dunia. Makanan ini terbuat dari gula dan gel pati sehingga memiliki tekstur kenyal dan lembut seperti jeli. Maka dari itu penulis ingin memanfaatkan gula singkong sebagai bahan utama turkish delight sebagai alternatif permen rendah kalori. Penilaian panelis konsumen lebih menyukai turkish delight eksperimen. Pada turkish delight pembanding memiliki poin lebih rendah. Pada panelis profesional pun lebih menyukai turkish delight eksperimen. Kandungan gizi dari turkish delight eksperimen lebih unggul dari turkish delight pembanding dilihat dari nilai karbohidrat dan kalori karena lebih rendah dibandingkan turkish delight pembanding. Dari segi biaya produksi dalam pembuatan turkish delight pembanding dan turkish delight eksperimen, biaya turkish delight eksperimen lebih rendah bila dibandingkan turkish delight pembanding.

References

[1] Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
[2] Kartika, dkk. 1988. Pedoman Uji Inderawi Bahan Pangan. Yogyakarta: UGM.
[3] Kasiram. 2008. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: sukses offset.
[4] Nasiru, N. 2014. Teknologi Pangan Teori Praktis dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
[5] Nazir, Moh. 2017. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
[6] Nisriinaa, Ayu. 2017. Inovasi Produk Lemper Menggunakan Isi Olahan Daun Pepaya Sebagai Subtitusi Melalui Analisis Uji Daya Terima Konsumen. UPI.
[7] Rahayu, W. P. 2001. Penuntun Pratikum Uji Organoleptik. Bogor: Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi IPB.
[8] Rizaty, Monavia Ayu. 2022. 10 Negara Produsen Singkong Terbesar di Dunia, Indonesia Masuk Daftar?. [https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/13/10-negara-produsen-singkong-terbesar-di-dunia-indonesia-masuk-daftar]
[9] Sahputra, M. B., Hamzah, F. and Johan, V. S. (2018). ‘Rasio Buah Jambu Biji Merah (Psidium guajava L.) dan Buah Apel Hijau Manalagi (Mallus sylvestris Mill.) Terhadap Mutu Permen Jelly’. Jurnal Online Mahasiswa Universitas Riau. 5(2). pp. 1–12.
[10] Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kunatitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
[11] Sugiyono 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
[12] Yunia, Enrica P. 2017. Penggunaan Tepung Ketan Hitam Gluten Free Dalam Pembuatan Chiffon cake. Tugas Akhir. Bandung: Akademi Pariwisata NHI.
Published
2023-12-16
How to Cite
Intan, A. J. M. and Solihah, R. (2023) “PERUBAHAN NILAI GIZI TERHADAP SAJIAN TURKISH DELIGHT DENGAN PEMANFAATAN GULA SINGKONG SEBAGAI ALTERNATIF PERMEN RENDAH KALORI”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(2), pp. 775-784. doi: 10.47492/jih.v12i2.2962.