ANALISIS KEPUTUSAN BERKUNJUNG MELALUI ELECTRONIC WORD OF MOUTH, PRODUCT, DAN BRAND

  • Faizal Hamzah STP ARS Internasional Bandung
  • Ramdani Setiyariski STP ARS Internasional Bandung
  • Sri Ayu Puspitasari STP ARS Internasional Bandung
Keywords: Electronic Word of Mouth, Product, Brand & Keputusan Berkunjung

Abstract

Salah satu destinasi alam yang terdapat di Jawa Barat adalah Taman Wisata Alam Orchid Forest Cikole Lembang. Orchid  Forest  ,  perlu mengetahui mengenai faktor apa saja yang menjadi  daya tarik wisatanya dan apa yang membuat keputusan berkunjung wisatawan dalam mengunjungi suatu destinasi wisata, khususnya wisata alam seperti Orchid Forest. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth, product dan brand terhadap keputusan berkunjung di Orchid Forest. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai bahan pengumpulan data, yang dianalisis dengan uji regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS 24. Teknik pengumpulan sampel dengan nonprobability sampling dan sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dari pengunjung Orchid Forest. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data  primer  dan  sekunder. Terdapat  dua  variabel dalam  penelitian  ini,  yaitu variabel independen  dan  dependen.  Variabel independen meliputi electronic  word  of mouth, product dan brand. Sedangkan yang bertindak sebagai variabel dependen yaitu keputusan berkunjung. Hasil uji t (Parsial) menunjukkan bahwa variabel electronic word of mouth dan product berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung, sementara variabel brand tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan berkunjung. Secara simultan variabel electronic word of mouth,  product  dan  brand  berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung.

References

[1] Syarifuddin, Didin. (2017). Nilai Wisata Budaya Seni Pertunjukan Saung Angklung Udjo Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 13(2), 53–60.
[2] https://doi.org/10.17509/jurel.v13i2.4979
[3] Hastina, P. (2017). Pengaruh Dimensi Electronic Word of Mouth (E-Wom) di Media Sosial Instagram terhadap Keputusan Pembelian Pada Café Grannysnest di Bandar Lampung.
[4] Hurryati. (2016). Analysis Branding Bandung City. International Journal of Economic Research, 13(8), 3655–3680.
[5] Kristiutami, Y. P. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Museum Geologi Bandung. Pariwisata, II(2), 77– 88. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp
[6] Mustikasari, A., & Widaningsih, S. (2017). Pengaruh E-Wom Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Tempat Wisata Di Kota Bandung. Jurnal Manajemen Indonesia, 16(2), 95. https://doi.org/10.25124/jmi.v16i2.315
[7] Nia Arnila. (2016). Efek Negara Asal, Citra Merek, Persepsi Kualitas, Terhadap Minat Beli Ulang Pada Produk Lipstik Merek Revlon. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
[8] https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.00 4
[9] Paludi, S. (2019). Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth terhadap citra destinasi, kepuasan wisatawan, dan loyalitas destinasi perkampungan budaya betawi. Journal of Chemical Information and Modeling. 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.00 4
[10] Soedharto, J. P. H., Tembalang, S. H., & Kotak, S. (2015). Jurnal Administrasi Bisnis Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Diponegoro Pengaruh Atribut Produk Wisata dan Word Of Mouth Pendahuluan Setiap manusia memiliki berbagai macam kebutuhan , salah satunya adalah rekreasi atau kunjungan di Taman Marga. 024.
Published
2020-12-03
How to Cite
Hamzah, F., Setiyariski, R. and Puspitasari, S. (2020) “ANALISIS KEPUTUSAN BERKUNJUNG MELALUI ELECTRONIC WORD OF MOUTH, PRODUCT, DAN BRAND”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2), pp. 227-234. doi: 10.47492/jih.v9i2.296.
Section
Articles