HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DAN CAREER ADAPTABILITY PADA MAHASISWA BERWIRAUSAHA

  • Chika Nathania Ruth Universitas Kristen Satya Wacana; Jl. Diponegoro No.52-60, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50711, (0298)321212 Fakultas Psikologi, Salatiga
  • Doddy Hendro Wibowo Universitas Kristen Satya Wacana; Jl. Diponegoro No.52-60, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50711, (0298)321212 Fakultas Psikologi, Salatiga
Keywords: Dukungan Sosial Keluarga, Career Adaptability, Mahasiswa Berwirausaha

Abstract

Saat ini berwirausaha merupakan salah satu pilihan karir yang dipilih oleh banyak orang termasuk bagi mahasiswa yang sedang berkuliah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan dukungan sosial keluarga terhadap career adaptability pada mahasiswa yang berwirausaha. Penelitian ini melibatkan mahasiswa yang memiliki usaha sendiri dengan jumlah 103 mahasiswa yang didapatkan dengan teknik snowball sampling. Alat ukur yang digunakan juga berupa angket kuesioner skala likert yang terdiri dari skala dukungan sosial keluarga dan career adapt-ability scale - short form. Analisa data menggunakan teknik korelasi Spearman’s rho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif signifikan antara dukungan sosial keluarga dan career adaptability pada mahasiswa berwirausaha dengan koefisien korelasi sebesar r = 0,254 dengan sig.= 0,005 atau (p<0,05). Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa untuk dapat memiliki dukungan sosial keluarga yang baik sehingga memiliki career adaptability yang baik, agar dapat menyiapkan masa depan yang baik.

References

[1] Abdullah, M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Aswaja Pressindo.
[2] Aji, G. S. (2019). Pengaruh Kematangan Karir Terhadap Pemilihan Karir Peserta Didik. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(9), 647–658. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipbk/article/view/16034
[3] Amalia, L. (2017). Hubungan Lingkungan Sosial Keluarga Dengan Perilaku Adaptif Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Papar Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Uniiversitas Nusantara PGRI Kediri, 1–10. http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/12.1.01.01.0124.pdf
[4] Dani, F., Hastini, L. Y., & Chairoel, L. (2022). Pengaruh Dukungan Teman Sebaya Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kematangan Karir. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 24(2), 303–316. http://www.jurnal.unidha.ac.id/index.php/JEBD/article/view/588
[5] Djunaedi, N., Juwitaningrum, I., & Ihsan, H. (2022). Pengaruh Locus of Control terhadap Kematangan Karir yang Dimediasi oleh Self-Efficacy pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Insight, 6(2), 73–83. https://ejournal.upi.edu/index.php/insight/article/view/53833
[6] Fahmayanti, N. (2016). Motivasi dan Manajemen Waktu Pada Mahasiswa Wirausaha. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(4), 586–595. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i4.4247
[7] Giffari, N., & Suhariadi, F. (2017). Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi. Jurnal Psikologi Industri Dan Organisasi, 6, 64–77. https://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-jpioce8f5526a9full.pdf
[8] Gunawan, W. (2014). Adaptabilitas karier : Strategi menghadapi afta dan memanfaatkan bonus demografi. Journal Noetic Psychology, 4(2), 110–126. https://adoc.pub/adaptabilitas-karier-strategi-menghadapi-afta-dan-memanfaatk.html
[9] Hartanto, N. S. A., & Salim, R. M. A. (2021). Parental Support on College Students’ Career Adaptability: The Role of Proactive Personality as Mediator. Jurnal Ilmu Pendidikan, 27(1), 8. https://doi.org/10.17977/um048v27i1p8-16
[10] House, J. S. (1985). Behavioral Medicine: Work, Stress and Health. Behavioral Medicine: Work, Stress and Health, 157–180. 10.1007/978-94-009-5179-2_8
[11] Husna, H. A., & Mayangsari, M. D. (2017). Gambaran Adaptabilitias Karir Pada Siswa Dengan Gangguan Low Vision. Jurnal Ecopsy, 4 (2), 85–95.
[12] Hutajulu, I. N. A., & Suhariadi, F. (2021). Hubungan Antara Social Support Dengan Career Adaptability Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(2), 1444–1450. https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i2.30893
[13] Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. p-ISSN 2549-7332 %7C e-ISSN 2614-1167%0D
[14] Lestari, T. N., & Rahardjo, P. (2013). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan kematangan karir pada mahasiswa universitas muhammadiyah purwokerto yang sedang menempuh skripsi. Psycho Idea, 11(2), 1–9. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/PSYCHOIDEA/article/view/508
[15] Maulana, H. (2018). Pengembangan Jiwa Kewirausahaann: Studi Kasus Terhadap Mahasiswa yang Berwirausaha di Yogyakarta. Jurnal Ecodemica Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 21–29. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2666
[16] Nashriyah, S. Q., Yusuf, M., & Karyanta, N. A. (2014). Hubungan Antara Penyesuaian Diri Dan Dukungan Sosial Keluarga Dengan Kematangan Karir Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNS. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 2(5), 195–205. http://candrajiwa.psikologi.fk.uns.ac.id/index.php/candrajiwa/article/view/72
[17] Panjaitan, Y. J., & Sahrah, A. (2023). Adaptasi Career Adapt-Abilities – Short Form Ke Versi Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 7(2), 1421–1431. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i2.4935/http
[18] Sabela, O. I., Ariati, J., & Setyawan, I. (2015). Ketangguhan Mahasiswa Yang Berwirausaha: Studi Kasus. Jurnal Psikologi Undip, 13(2), 170–189. https://doi.org/10.14710/jpu.13.2.170-189
[19] Savickas, M. L., & Maggiori, C. (2015). Career Adapt-Abilities Scale – Short Form ( CAAS-SF ): Construction and Validation. Journal of Career Assessment, 25(2), 1–14. https://doi.org/10.1177/1069072714565856
[20] Savickas, M. L., & Porfeli, E. J. (2012). Career Adapt-Abilities Scale: Construction, reliability, and measurement equivalence across 13 countries. Journal of Vocational Behavior, 80(3), 661–673. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2012.01.011
[21] Sulistiani, W., & Mahastuti, D. (2022). Hardiness Dan Dukungan Sosial Dengan Adaptabilitas Karier Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi. Jurnal Psikologi Poseidon, 5(1), 23–39. https://journal-psikologi.hangtuah.ac.id/index.php/jpp/article/view/65
[22] Sulistiyanto, D., & Abdullah, S. M. (2023). Kecerdasan Emosional Dan Dukungan Sosial Keluarga Dengan Adaptabilitas Karir Pada Siswa. Jurnal Psikologi Malahayati, 5(1), 129–140. https://doi.org/10.33024/jpm.v5i1.8780
[23] Syamsidar, R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Dan Keterampilan Produktif Terhadap Pembentukan Karakter Kewirausahaan Peserta Didik Pada Kelas Xi Di Smk Negeri 6 Makassar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
[24] Wijaya, Y., Priyatama, A. N., & Khasan, M. (2020). Dukungan Sosial Keluarga dengan Minat Berwirausaha Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal Psikologi Perseptual, 5(2), 88. https://doi.org/10.24176/perseptual.v5i2.5050
[25] Yaqien, S. H., Raharjo, S. T., & Gutama, A. S. (2018). Kekuatan Mahasiswa Berwirausaha: Kasus Di Universitas Padjadjaran. Share : Social Work Journal, 8(1), 127. https://doi.org/10.24198/share.v8i1.18100
Published
2023-12-16
How to Cite
Ruth, C. N. and Wibowo, D. H. (2023) “HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DAN CAREER ADAPTABILITY PADA MAHASISWA BERWIRAUSAHA”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(2), pp. 729-738. doi: 10.47492/jih.v12i2.2955.