ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN PARIWISATA NTB PADA MEDIA ONLINE LOMBOK POST GRUP UNTUK MENINGKATKAN MINAT WISATAWAN PADA MASA PANDEMIK COVID-19

  • Nina Nina STKIP Muhammadiyah Bogor
  • Lucky Dewanti STKIP Muhammadiyah Bogor
Keywords: Analisis Framing, Pemberitaan, Media Online, Lombok Post & Pandemik Covid-19.

Abstract

Awal 2020 muncul virus covid-19 yang menyerang dunia termasuk Indonesia. Wabah ini tidak hanya menimbulkan masalah kesehatan tetapi berdampak terhadap ekonomi dan sosial masyarakat. Pemerintah daerah NTB bekerjasama dengan pihak terkait untuk membangkitkan perekonomian NTB khususnya di bidang pariwisata. Salah satu strateginya dengan pemberitaaan pariwisata Lombok yang sudah kembali normal. Lombok Post Grup sebagai perusahaan pers terbesar di NTB yang menaungi Radar Lombok, Radar Mandalika, dan Radar Sumbawa memberi pengaruh dalam pemberitaan bagi khalayak karena dianggap paling faktual. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti framing (pembingkaian) terhadap pemberitaan pariwisata NTB pada masa pandemik covid-19. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui framing berita pada media online Lombok Post Grup pada edisi Juli dan Agustus 2020. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode analisis framing dari Pan dan Kosicki. Pemerolehan data dengan cara mengumpulkan dan men-screenshot teks berita pada portal online Lombok Post Grup. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan cara mereduksi data, mengvaliadsi data, dan menyimpulkan berdasarkan pengamatan dan penelitian. Dapat disimpulkan dari hasil peneilitian ini adalah bahwa sudut pandang jurnalis ketiga anak perusahaan Lombok Post Grup dari struktur sintaksis dan skrip menonjolkan narasumber dari pemerintah untuk meyakinkan masyarakat bahwa sumber beritanya dapat terpercaya, sedangkan dari struktur tematik dan struktur retoris yang sama yakni sama-sama memiliki tujuan untuk mempromosikan pariwisata NTB pada masa pandemik Covid-19.

Published
2020-12-03
How to Cite
Nina, N. and Dewanti, L. (2020) “ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN PARIWISATA NTB PADA MEDIA ONLINE LOMBOK POST GRUP UNTUK MENINGKATKAN MINAT WISATAWAN PADA MASA PANDEMIK COVID-19”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2), pp. 219-226. doi: 10.47492/jih.v9i2.295.
Section
Articles