Peran Guru Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Siswa Melalui Metode Bercerita Di Paud Amalliyah Cariu

  • Lucky Dewanti Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
  • Winda Yunica Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
  • Siti Arumsari Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
Keywords: Peran Guru, Perkembangan Bahasa & Metode Bercerita.

Abstract

            Berdasarkan hasil penelitian awal yang penulis laksanakan, permasalahan di PAUD Amalliyah yang ditemukan dilapangan adalah Bagaimana peran guru dalam menstimulasi perkembangan bahasa siswa. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif, data dalam penelitian tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitung lainnya. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan peran guru dalam menstimulasi perkembangan bahasa siswa di PAUD Amalliyah pada kelompok A usia 4-5 tahun, adalah guru sudah melakukan stimulasi kepada anak namun perlu ditingkatkan dengan mengunakan berbagai cara yang lebih menarik serta mengunakan metode yang berbeda seperti bercerita, membaca, menulis dan menyimak agar perkembangan bahasa anak dapat meningkat, perkembangan bahasa anak pada kelompok A usia 4-5 tahun di PAUD Amalliyah Cariu dengan memberikan contoh mengajarkan stimulasi perkembangan bahasa anak didik agar perkembangan bahasa dan aspek perkembangan bahasa berkembangan sesuai dengan tahap usia anak. Dari hasil penelitian menunjukan metode bercerita dalam stimulasi bahasa sangatlah baik bagi perkembangan bahasa siswa, dapat meningkatkan kosakata dengan cepat. Anak akan belajar bagaimana berpartisipasi dalam suatu percakapan dan menggunakan bahasanya untuk memecahkan masalah. Menggunakan bahasa untuk berkomunikasi dengan orang lain, anak akan mendapatkan banyak sekali kosakata, sekaligus dapat mengekspresikan dirinya melalui bahasa.

References

[1] Afifah, N. (2019). Meningkatkan Keterampilan Bercerita Secara Kreatif Melalui
[2] Media “Finger Puppets” Di Kelas Iii Mi Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).
[3] Afriyani, E., Suklani, S., & Ridwan, W. A. (2017). Pengaruh kompetensi pedagogic guru terhadap prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah (MA) An-
[4] Nur Kota Cirebon (studi pada pembelajaran aqidah akhlak). Al-Tarbawi AlHaditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1).
[5] Alfiana, Rizki, and Eko Kuntarto. "Perkembangan bahasa pada anak usia dini." Repository Unja (2020).
Published
2023-12-16
How to Cite
Dewanti, L., Yunica, W. and Arumsari, S. (2023) “Peran Guru Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Siswa Melalui Metode Bercerita Di Paud Amalliyah Cariu”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(2), pp. 529-534. doi: 10.47492/jih.v12i2.2945.
Section
Articles