Peningkatan Kemampuan Menghafal Al Qur’an Melalui Metode Talaqqi Kelompok Anak Paud Tahfizh Qur'an Al Bilad

  • Dtakiyyatuddaaimah Dtakiyyatuddaaimah Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
  • Ririn Tjahyaningsih Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
  • Mukaromah Mukaromah Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
Keywords: Kemampuan, Menghafal Al-Qur’an & Metode Talaqqi.

Abstract

            Salah satu aspek yang perlu kita kembangkan pada anak usia dini adalah aspek pengembangan nilai agama dan moral terutama dalam menghafal al qur’an sejak dini. Menghafal al qur’an merupakan hal yang sangat penting untuk usia dini. Salah satu cara untuk menghafal al qur’an dengan mudah di hafal dan di ingat yaitu menggunakan metode menghafal, untuk meningkatkan hafalan anak usia dini dan membentuk generasi qur’ani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menghafal al qur’an melalui metode talaqqi kelompok siswa kelompok tahfizh umi mukaromah di PAUD Al-Bilad Kecamatan Gunung putri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Tindakan kelas ( PTK ). Dalam proses pelaksanaannya peneliti menggunakan subjek 6 orang anak dengan rincian 4 orang laki-laki dan 2 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan Tindakan kelas ( pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dalam pelaksanaan Pra Siklus kemampuan menghafal anak mencapai 33% yang menunjukkan bahwa pelaksanaan Pra Siklus masih dalam kriteria mulai berkembang. Pada Siklus I pelaksanaan tindakan meningkat sebanyak 56 % yang menunjukkan kriteria berkembang sesuai harapan. Dan pada pelaksanaan Siklus II mencapai 94% yang menunjukkan kriteria berkembang sangat baik dan telah mencapai indikator keberhasilan.

References

[1] Departemen Agama RI. 2016, Al Qur’an Tajwid dan Terjemahannya. Bandung: Diponegoro
[2] Habililah dkk, 2011. Kiat Mudah Menghafal Al Qur’an. Surakarta : Gazzamedia.
[3] Masgantti, Sit, 2017. Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Medan : Perdana Publishing.aa.
[4] Muhammad, Ahsin Sakhso, Kiat – kiat menghafal Al Qur’an. Jawa Barat : Badan Koordinasi TKQ-TPQ-TQA, t.t.).
[5] Munawwir, Ahmad Warson, 2002. Kamus al Munawwir. Surabaya : Pustaka Progresif.
[6] Munjahid, 2007. Strategi Menghafal al Qur’an 10 Bulan Khatam. Yogyakarta : Idea Press
[7] Hamam bin Hasan, Hasan bin Ahmad, 2008. Menghafal Al qur’an Itu Mudah.
[8] Jakarta : Pustaka At – Tazkia. https://proceedings.uinsqd.ac.id/index.php/proceedings.
[9] Ahmad Susanto, ( 2011) Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Bebagai Aspeknya, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group,, 98.
[10] Anggoro, M. Toha, dkk, 2011. Metode Penelitian. Jakarta. Universitas Terbuka.hal. 5.2 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
[11] Annisa Fitri Nurhafizah, Pengaruh Media Puzzle Angka Modifikasi Terhadap Kemampuan Berhitung Anak TK,‖ Jurnal Pendidikan Tambusai 4, no. 1 (2020): 7-13
[12] Ardy Wiyani Novan, Konsep Dasar PAUD, (Yogyakarta: Gava Media, 2016)
[13] Arsyad Azhar, Media Pembelajaran, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013), 4.Asmariani, ―Konsep Media Pembelajaran PAUD,‖ Jurnal Al-Afkar v, no. 1 (2016): 34.
[14] Hamalik Oemar, Media Pendidikan, (Bandung: Alumni, 1980), 9.
[15] Jatmika N, Y, Ragam Aktivitas Harian untuk Playgroup, (Yogyakarta: Diva Press, 2012) 25
[16] Mu`Alimin. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Teori Dan Praktik. Ganding Pustaka.hal.1
[17] Muniningrum Ratnawati, Budiman Rudy. 2016. Modul Guru Pem( belajar taman kanak-kanak kelompok kompetensi H. Bandung. hal. 48
[18] Ridhoul, Wahidi dan Wahyudi Rofiul, 2019. Metode Cepat Hafal Al Qur’an Saat Sibuk Kuliah, Klaten : Semesta Hikmah.
[19] Quraish, Shihab, 1994. Membumikan al qur’an, Bandung : Mizan.
Published
2023-12-16
How to Cite
Dtakiyyatuddaaimah, D., Tjahyaningsih, R. and Mukaromah, M. (2023) “Peningkatan Kemampuan Menghafal Al Qur’an Melalui Metode Talaqqi Kelompok Anak Paud Tahfizh Qur’an Al Bilad”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(2), pp. 523-528. doi: 10.47492/jih.v12i2.2942.
Section
Articles