Analisis Survei Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada CV. Dwiki’s Pool And SPA

  • Suharti Suharti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram
  • Syahrul Syahrul Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram, Indonesia
  • Feri Sani Hardi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram
Keywords: Kepuasan, Loyalitas, Pelanggan.

Abstract

            Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas layanan yang diliat dari variabel tangible, responsive, reability, assurance, emphaty secara silmultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen, dan untuk mengetahui manakah yang paling berpengaruh pada CV. Dwiki’s pool and spa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data penelitian menggunakan ANOVA dan Regresi Linier Berganda. Berdasarkan hasil anilisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas layanan yang dilihat dari variabel Tangibles, Responsive, Reliability, Assurance,dan Emphaty secara silmultan (bersama sama) berpengaruh signifisikan terhadap kepuasan konsumen hal ini di buktikan dari nilai F hitung pada penguji regresi liner berganda 1 sebesar 11,004 dengan probilitas 0,000 Yang lebih kecil dari 0,05. Kepuasan konsumen secara silmultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen.  Hal ini di buktikan dari nilai F hitung pada penguji regresi liner berganda 1 sebesar 4,509 dengan probilitas 0,000 Yang lebih kecil dari 0,05. Variabel Emphaty (X5) adalah variabel yang memiliki pengaruh yang paling besar dan signifisikan terhadap variabel kepuasan konsumen dengan nilai 0,334 dengan probabilitas sebebar 0,007 yang lebih kecil dari 0,05. Dan variabel yang memiliki pengaruh yang paling besar dan signifisikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai 0,328 dengan probabilitas sebesar 0,008 yang lebih kecil dari 0,05.

References

[1] Yamit, Z, (2013). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Ekonisi
[2] Zeithaml, V.A., Mary, J., B., & Gremler, D.D. (2009). Services Marketing-Integrating Customer Focus Across the Firm (5th Ed) (5 Edition). McGraw Hill.
[3] Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Marketing Mangement (13th Edision). Upper Saddle River.
[4] Tjiptono, Fandy. 2005. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Andi Offdet. Yogyakarta
[5] Tjiptono, F. (2012). Service Management Mewujudkan Pelayanan Prima. PT. Andi Offset
[6] Kotler. P. And Amstrong, G. 2016. Principles Of Marketing, Global Edition, 14 edition, USA: Prentice Hall
[7] Irwan, Basu Swasta, 2008. Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta. Liberty
[8] Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2011. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa. Bob Sabrean, Erlangga, Jakarta.
[9] Hurriyati, Ratih 2014. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Binarupa Aksara. Tanggerang
[10] Kotler, P., & Keller, K (2014). Manajemen Pemasaran. Jilid 2. InErlangga. Jakarta (Millenium)
[11] Tjiptono, Fandy. 2011. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Andi Offset. Yogyakarta
[12] Umar, H. (2003). Metodelogi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. PT. Gramedia Pustaka.
[13] Sugiyono, S. (2012). Metode Penilitian Bisnis. Alfabeta.
[14] Wirawan, N. (2002). Statistik Inferensia (edisi kedua). Keraras Emas.
Published
2023-12-16
How to Cite
Suharti, S., Syahrul, S. and Hardi, F. (2023) “Analisis Survei Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada CV. Dwiki’s Pool And SPA”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(2), pp. 497-506. doi: 10.47492/jih.v12i2.2934.
Section
Articles