Analisis Place, Promotion, Product, Dan Price Di Desa Wisata Pinge, Marga, Tabanan

  • Ni Kadek Rara Elisdayanti Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Fila Delfia Gustina Novitasari Hutagalun Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Ida Ayu Etsa Pracintya Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
Keywords: Desa Wisata, Pariwisata Bali, 4P, Desa Pinge

Abstract

            Desa Pinge merupakan salah satu desa wisata yang berkembang di Kecamatan Marga, Tabanan, Bali. Desa ini memiliki beberapa potensi wisata yang dapat dikembangkan untuk menunjang kegiatan pariwisata, dengan menawarkan atraksi wisata jogging trekking, berkemah, dan agrowisata. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis bagaimana konsep 4P (product, price, place, promotion) yang dilakukan di Desa Wisata Pinge. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dimana sumber data diperoleh dari observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa tiga aspek place, product, price teridentifikasi dilakukan dengan baik. Sementara pada aspek promotion, di desa ini belum berjalan dengan baik dikarenakan para stakeholder pariwisata di Desa Wisata Pinge ini belum cukup mampu beradaptasi dengan teknologi yang tentunya dapat membantu promosi desa secara online yang dapat menjangkau target pasar wisatawan lebih luas. Sehingga, diantara aspek 4P tersebut, aspek promotion adalah aspek yang perlu ditingkatkan pelaksanaannya.

References

[1] Ekosusilo, M., & Kasihadi, R. B. (1985). Dasar-Dasar Pendidikan. Semarang: Effhar Publishing.
[2] Hindayati Mustafidah. (2017). Panduan Menggunakan Manajemen Referensi “Mendeley” Lembaga Publikasi Ilmiah Dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Purwokerto Januari,
[3] Pendit, P. L. (2005). Perpustakaan Digital : perspektif Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia. Depok: Perpustakaan Universitas Indonesia, (SeriPerpustakaan dan Informasi 1).
[4] Pendit, P. L. (2008). Perpustakaan digital dari A sampai Z. Jakarta: Cita Karyakarsa Mandiri.
[5] Purwono. (2008, April 30). Strategi Penelusuran Informasi Melalui Internet.
[6] Rodin, R. (2013). Literasi Informasi di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Media Pustakawan, (20) 4.
[7] Sulistiorini. (2014). Kumpulan Pidato Sukarno: Membangkitkan Semangat Nasionalisme Pemuda Pemudi Indonesia (Upaya meningkatkan Minat Baca Pemuda Pemudi Indonesia). Jurnal JPUA, (4) 1.
[8] Wicaksono-Arief. (2012). Manajemen Berbasis Perpustakaan: Penerapan Konsep Pemberdayaan Masyarakat untuk Membangun Perpustakaan. Media Pustakawan
[9] Masyhudi, Lalu. (2019) Peningkatan Profesionalitas Dosen Di Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram Melalui Pelatihan Penelusuran Sumber Pustaka Secara Online Dan Penulisan Daftar Pustaka Menggunakan Mendeley. Vol.13 No.6 Januari 2019. Hal. 1237-1242.
Published
2023-12-16
How to Cite
Elisdayanti, N. K., Hutagalun, F. D. and Pracintya, I. A. (2023) “Analisis Place, Promotion, Product, Dan Price Di Desa Wisata Pinge, Marga, Tabanan”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(2), pp. 425-430. doi: 10.47492/jih.v12i2.2925.
Section
Articles