ATTRACTIVE, ACTIVE, INTERACTIVE, AND COMMUNICATIVE. MODEL PELATIHAN BAHASA INGGRIS HOSPITALITY PADA MAHASISWA DIPLOMA TIGA PROGRAM STUDI PERJALANAN WISATA SEKOLAH TINGGI PARIWISATA MATARAM

  • Primus Gadu Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • Lalu Yulendra Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
  • Mahsun Mahsun Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
Keywords: English Plus And Hospitality, Sumber Daya Manusia, Perjalanan Wisata

Abstract

Tujuan utama pembelajaran adalah untuk dapat mengembangkan potensi yang dimiliki mahasiswa dengan baik, untuk mencapai kualitas yang diinginkan perlu adanya berbagai inovasi dalam proses pembelajaran, tenaga pendidik dituntut mampu memilih metode dan media pembelajaran yang tepat. Selain itu kemampuan literasi juga diperlukan dalam proses pembelajaran sehingga nantinya dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa dan memudahkannya dalam memahami materi pembelajaran. Namun, realitanya dalam proses pembelajaran saat ini kemampuan literasi mahasiswa masih rendah sehingga menyebabkan mahasiswa kesulitan dalam memahami materi. ranah kognitif masih menjadi komponen utama dalam penilaian, sehingga perlu dikembangkan penilaian yang dapat mengembangkan kemampuan mahasiswa dari ranah afektif. Untuk meningkatkan kemampuan afektif mahasiswa dapat dilakukan dengan menggunakan  metode yang tepat dalam proses pembelajaran, salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalahWindow Shopping. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester IV Prodi Ekonomi Hindu Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram. Dari hasil analisis data yang didapatkan dari wawancara, observasi dan studi dokumentasi pada mahasiswa Prodi Ekonomi Hindu semester IV didapatkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif Window Shopping memudahkan mahasiswa memahami materi dan juga mampu meningkatkan kreatifitas mahasiswa, hasil observasi juga memperlihatkan minat siswa sangat baik terhadap materi yang diberikan. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif Window Shopping mampu menggembangkan kreatifitas mahasiswa dan meningkatkan minat belajar khususnya mata kuliah Ekonomi Pembangunan.

Published
2020-12-03
How to Cite
Gadu, P., Yulendra, L. and Mahsun, M. (2020) “ATTRACTIVE, ACTIVE, INTERACTIVE, AND COMMUNICATIVE. MODEL PELATIHAN BAHASA INGGRIS HOSPITALITY PADA MAHASISWA DIPLOMA TIGA PROGRAM STUDI PERJALANAN WISATA SEKOLAH TINGGI PARIWISATA MATARAM”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2), pp. 187-194. doi: 10.47492/jih.v9i2.292.
Section
Articles