Analisis Karakteristik Pengunjung Untuk Pengembangan Strategi Pemasaran Yang Efektif Pada Objek Wisata Kolam Renang Mertakmi Lombok Tengah

  • Sri Maryanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram
  • Noni Antika Khairunnisah Akademi Bisnis Lomnok
  • Ahmad Dedi Setiawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram
Keywords: Karakteristik Pengunjung, Strategi Pemasaran, Objek Wisata Kolam Renang

Abstract

Keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika memberikan peluang besar bagi kebangkitan pariwisata NTB. Bahkan, diperkirakan mampu menarik sebanyak 2 juta wisatawan lokal maupun mancanegara. Demi menangkap peluang ini, maka objek wisata terutama yang berlokasi di Lombok Tengah harus mulai berbenah diri. Salah satunya adalah Objek wisata kolam renang Mertakmi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kerekteristik pengunjung dari aspek demografis dan geografis yang selanjutnya informasi ini dapat menjadi landasan kuat dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 164 orang, yang diambil dengan teknik purposive sampling dan data diolah menggunakan statistik deskriptif. Hasil dari peneitian ini menunjukkan bahwa karakteristik demografis pengunjung adalah pemuda-pemudi, baik itu laki-laki (52%) maupun perempuan (48%) yang berusia antara 17 sampai 21 tahun dan 22 tahun sampai dengan 26 tahun sebanyak 45 % dan 35 % dengan jenjang pendidikan didominasi oleh SMA sebesar 55 % yang pekerjaannya masih tergolong sebagai pelajar atau mahasiswa sebanyak 49 % dengan rata-rata penghasilan sebanyak 500.000 sampai dengan 1.000.000 (sebanyak 54%) dan berstatus single mendominasi sebanyak 68%. Sedangkan karakteristik geografis pengunjung didominasi oleh pengunjung yang berdomisili di Lombok tengah sebanyak 89 %. Kemudian pengunjung mengetahui keberadan kolam renang mertakmi berdasarkan informasi dari teman (58%). Selanjutnya informasi ini dapat menjadi masukan penting bagi pengelola dalam mengembangkan strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran kedepannya.

References

[1] “KEK Mandalika.” Accessed: Nov. 06, 2023. [Online]. Available: https://kek.go.id/kawasan/kek-Mandalika
[2] BAPPEDA NTB, “Peluang dan Tantangan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Tahun 2020 - Bappeda Provinsi NTB.” Accessed: Nov. 06, 2023. [Online]. Available: https://bappeda.ntbprov.go.id/peluang-dan-tantangan-kawasan-ekonomi-khusus-mandalika-tahun-2020/
[3] “Dampak Sirkuit Mandalika, Pemkab Lombok Tengah: Investasi Meningkat tapi tak Banyak | Republika Online.” Accessed: Nov. 06, 2023. [Online]. Available: https://news.republika.co.id/berita/ra0dza382/dampak-sirkuit-mandalika-pemkab-lombok-tengah-investasi-meningkat-tapi-tak-banyak
[4] Fred. R. David, Manajemen Strategi Konsep, 12th ed. Jakarta - 12610: Salemba Empat, 2010.
[5] H. I. Salam, J. Widodo, and M. Zulianto, “Strategi Pemasaran pada PT Nuansa Wisata Prima Nusantara Tour & Travel Jember,” J. Pendidik. Ekon., vol. 13, no. 1, pp. 66–71, 2019, doi: 10.19184/jpe.v13i1.10422.
[6] F. Tjiptono, Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2002.
[7] P. Kotler and G. Armstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, 12th ed. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2006.
[8] A. Setiawan and F. H. Sukmana, “Mengurai Pengalaman Positif Tamu Saat Menginap di Sheraton Senggigi Beach Resort: Bukti Dari Ulasan TripAdvisor,” J. Kepariwisataan Indones. J. Penelit. Dan Pengemb. Kepariwisataan Indones., vol. 17, no. 1, Art. no. 1, Jun. 2023, doi: 10.47608/jki.v17i12023.64-84.
[9] R. Yorika, R. A. Nugroho, and E. D. Syafitri, “Analisis Karakteristik Pengunjung Obyek Wisata Kebun Raya Balikpapan,” JSAP, vol. 5, no. 2, pp. 130–137, 2021, doi: https://doi.org/10.32487/jshp.v5i2.1079.
[10] I. Ihwandi and F. H. Sukmana, “Hotel Tua dan Ulasan Online Negatif: Apa Yang Dikatakan Pelanggan?,” J. Master Pariwisata JUMPA, pp. 354–381, Jul. 2022, doi: 10.24843/JUMPA.2022.v09.i01.p16.
[11] D. A. Volta and T. Putra, “Analisis Karakteristik Pengunjung Di Depati VII Coffee Kota Sungai Penuh,” Ensiklopedia Soc. Rev., vol. 4, no. 1, pp. 27–32, 2022.
[12] D. M. Syahputri et al., “Karakteristik Pengunjung Obyek Wisata Di Kawasan Danau Rawa Pening (Kasus Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah),” J. Pendidik. Dan Ilmu Geogr., vol. 4, no. 2, pp. 27–42, 2019.
[13] E. E. Dewi and K. Suryowati, “Pemetaan Karakteristik Pelanggan Dan Mengetahui Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Untuk Menyusun Strategi Pemasaran Menggunakan Metode K-Means Dan Regresi Logistik Ordinal,” J. Stat. Ind. Dan Komputasi, vol. 7, no. 1, pp. 1–12, 2022.
[14] S. Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.
Published
2023-12-16
How to Cite
Maryanti, S., Khairunnisah, N. and Setiawan, A. (2023) “Analisis Karakteristik Pengunjung Untuk Pengembangan Strategi Pemasaran Yang Efektif Pada Objek Wisata Kolam Renang Mertakmi Lombok Tengah”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(2), pp. 379-386. doi: 10.47492/jih.v12i2.2916.
Section
Articles