Partisipasi Masyarakat Lokal Dalam Pengembangan Desa Wisata Bilebante Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah

  • Taufan Handika Putra Universitas Mataram
  • Rahman Rahman Universitas Mataram
  • Kertajadi Kertajadi Universitas Mataram
  • Ihyana Hulfa Universitas Mataram
  • Sahrul Sahrul Universitas Mataram
Keywords: Partisipasi Masyarakat Lokal, Pengembangan Desa Wisata.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui partisipasi masyarakat lokal dalam pengembangan Desa Wisatsa Bilabante Kecamatan Pringgarata Kebupaten Lombok Tengah memerlukan kajian yang mendalam sehingga penelitian ini diperlukan adapun tujuan dan manfaatnya adalah untuk menganalisis partisipasi, pemberdayaan dan dampak ekonomi masyarakat dalam pengembangan Desa Wisata Bilebante. Manfaat Secara teoritis hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam menambah pengetahuan tentang pentingnya partisipasi masyarakat lokal dalam kegiatan kepariwisataan. Disamping itu, hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pengembangan Desa Wisata Bilabante dan sekitarnya, serta dapat menjadi referensi bagi penelitian ilmiah selanjutnya. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskiptif kualitatif. Metode ini di gunakan untuk mendeskripsikan dan menganalisis partisipasi masyarakat dalam pengembangan Desa Wisata Bilebante Kabupaten Lombok Tengah. Populasi Populasi dalam penelitian ini diambil dari dua sisi, pertama dari sisi pelayanan/pemberi jasa yaitu Tokoh Masyarakat seperti Pengelola, Kepala Desa, Kepala Dusun, tokoh Agama,Tokoh Pemuda dan kedua dari sisi pedagang kuliner dan pemandu wisata. Dari hasil penelitian masyarakat ikut berpartisipasi dan diberdayakan dalam pengembangan Desa Wisata Bilebante.

References

[1] Girsang, Lisbet Juwita. 2011. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Mayarakat dalam Kegiatan Perbaikan Prasarana Jalan (Kasus: Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan di Desa Megamendung, Bogor). Magister Tesis Institut Pertanian. Bogor
[2] Gunawan Sumodiningrat. 2009. Mewujudkan Kesejahteraan Bangsa: Menanggulangi Kemiskinan dengan Prinsip Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Elex Media Komputindo.
[3] Hadiwijoyo, Suryo Sakti. 2012. Perencanaan Pariwisata Pedesaan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Graha Ilmu.
[4] Hasan, M. Iqbal, (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Ghalia Indonesia, Bogor
[5] Madiun, I Nyoman. 2008. Partisipasi Masyarakat Lokal Dalam Pengembangan Kawasan Pariwisata Nusa Dua (Perspektif Kajian Budaya (Desertasi).Denpasar: Progaram Dokor Program Pasca Sarjana Universitas Udayana
[6] Mardi Yatmo Hutomo. 2000. Pemberdayaan Masyarakat dalam Bidang Ekonomi: Tinjauan Teoritis dan Implementasi. Jakarta: Bappenas.
[7] Murdiyanto,E.2010.Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata Karang-geneng, Purwobinangun, Pakem, Sleman.SEPA7(2): 91–101.
[8] Pitana, I Gde dan Putu G. Gayatri. 2005. Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: CV Andi Offset.
[9] Septiofera, 2016.Analisis Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan DesaPujonkidul. Megister Kajian Pariwisata, Universitas Udayana
[10] Shapley, R., & Telfer, D. J. 2002. Tourism and Development, Concepts & Issues. Clevedon, Channel View Publications
[11] Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
[12] Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
[13] Sumaryadi. 2005. Perencanaan Pembangunan Daerah Otonom dan Pemberdayaa Masyarakat. Jakarta: Citra Utama.
Published
2023-12-16
How to Cite
Putra, T., Rahman, R., Kertajadi, K., Hulfa, I. and Sahrul, S. (2023) “Partisipasi Masyarakat Lokal Dalam Pengembangan Desa Wisata Bilebante Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(2), pp. 347-356. doi: 10.47492/jih.v12i2.2912.
Section
Articles