PENGEMBANGAN POTENSI EVENT VENUE DI BALI ZOO, GIANYAR, BALI

  • Nelsye Lumanauw Politeknik Internasional Bali
  • I Gusti Bagus Wirya Gupta Universitas Ngurah Rai
Keywords: Strategi Pengembangan, Event Venue, Non-Dedicated Venue & Resources-Based View.

Abstract

Masa pandemi Covid-19 telah mengubah pandangan terkait penyelenggaraan pertemuan. Kegiatan pertemuan atau aktifitas di ruang terbuka saat ini menjadi pilihan. Bali Zoo sebagai tempat konservasi satwa menjadi salah satu alternatif untuk tempat kegiatan pertemuan yang tidak biasa atau unik di ruang terbuka. Namun demikian, keberadaan ruang meeting indoor dan outdoor di Bali Zoo belum banyak dikenal oleh masyarakat. Kurangnya promosi menjadi salah satu penyebab. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi potensi event venue di Bali Zoo dan strategi pengembangan bagaimana yang harus dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang terbagi menjadi dua kategori yaitu berdasarkan teori dan aplikasinya. Kategori teori mencakup event venue, analisis SWOT, teori resource based view (RBV) dan lingkungan perusahaan. Kategori penerapan mencakup analisis terhadap faktor-faktor internal-eksternal yang mempengaruhi pengembangan potensi penyelenggaraan event di Bali Zoo.

Kesimpulan penelitian ini adalah dua puluh faktor internal eksternal dan empat strategi pengembangan untuk Bali Zoo. Keempat strategi pengembangan tersebut, yaitu membuat paket event untuk domestik dan dipromosikan secara virtual, zoom atau travel agent (memanfaatkan kekuatan menjadi peluang), membuat event unik (memanfaatkan kekuatan untuk meminimalisasi ancaman), membuat regular outdoor event sebagai sarana promosi (memanfaatkan kelemahan menjadi peluang), membuat event yang tidak dibuat kompetitor (mengubah kelemahan dan ancama)

Published
2020-12-03
How to Cite
Lumanauw, N. and Gupta, I. (2020) “PENGEMBANGAN POTENSI EVENT VENUE DI BALI ZOO, GIANYAR, BALI”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2), pp. 179-186. doi: 10.47492/jih.v9i2.291.
Section
Articles