PENGARUH IKLAN, PESTER POWER DAN PENEMPATAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ORANG TUA PADA KINDER JOY DI GIANT EKSPRESS MATARAM

  • Asri Oktiani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram
  • Nurul Marlianti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram
Keywords: Pester Power, Pengaruh Iklan, Penempatan Produk & Keputusna Konsumen

Abstract

Di era Modern pemasar mulai melirik pasar anak-anak sebagai sasaran pemasaran produknya, anak- anak dianggap sebagai pemberi pemberi pengaruh pada proses keputusan membeli orangtua. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pester power, penempatan produk dan pengaruh iklan terhadap keputusan orang tua membeli kinderjoy untuk anaknya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependent. Sebanyak 48 responden yang melakukan pembelian di Giant express Mataram selama bulan agustus 2020 dijasikan responden dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel  Pester Power ( X1) ,  Penempatan Produk ( X2) dan juga pengaruh iklan ( X3) berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan orang tua membelikan kinder joy untuk anaknya hal ini dibuktikan dengan melihat nilai sig. Kurang dari 0.05, sedangkan fariabel pester power     ( X1 ) menjadi variabel yang dominan dengan nilai beta tertinggi yakni 0,784 sehingga ketiga hipotesis yang diajukan diterima.

References

[1] Abbassi, A., dan Singh, R. N. (2006). “Assertiveness in Marital Relationships Among Asian Indians in the United States.” Journal of the Family. 14, (4), 392-399.
[2] Akhter, N. (2010). Self Management Among Patients With Hypertension in Bangladesh. Ejournal Tersedia secara online di http://kb.psu.ac.th diakses pada 2 Juni 2016
[3] Effendi, Muh. Arief. 2009. The Power Of Corporate Governance: Teori dan Implementasi. Jakarta: Salemba Empat.
[4] Gunawan, kevin ( 2019), Pengaruh Pester Power Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Orang Tua Pada Produk Mainan Di Malang. Skrisi Universitas Machung. 2019
[5] Hall. Kotler & Keller (2012). Marketing Management (14th Ed). Boston: Pearson Education.
[6] Hawkins, Best, Coney, 2004, Consumer Behavior, Building Marketing Strategy International Edition, Mc Graw Hill Companies, Inc
[7] J.Paul Peter & jerry c. Olson (2000). Consumer Behavior Perilaku Konsumen 2nd. ed. 4 Jakarta: .Penerbit Erlangga
[8] Kotler & Armstrong (2012). Principles of Marketing. Boston: Pearson Prentice
[9] Kusumowidagdo, Astrid. 2005. Peran Penting Perancangan Interior Pada Store Based Retail. Dimensi Interior. 1 Juni 2005 (17.30).
[10] Quinn (2002). Managing Change. Journal of Leadership and Organizational Studies. 10 (4), pp.112-123.
[11] Sugiyono. ( 2012). Memahami penelitian kualitatif. Bandung. Alfabeta
[12] Tauriana, Dian & Fietrin,Ika ( 2011). Pengaruh Penempatan Produk Di Kasir Dan Sales Person Terhadap Impulse Buying. Journal The WINNERS, Vol. 12 No. 1, Maret 2011: 61-70
[13] Tehubijuluw, Florentina K. & Desy Permata Sari ( 2017). Pengaruh bauran pemasaran, pester power, dan heritage terhadap keputusan pembelian biskuit merek roma malkist. Kompetensi - jurnal manajemen bisnis, vol. 12, no. 1, januari - juni 2017
[14] Tjiptono, F (2008). Pemasaran Strategik.Yogyakarta: Andi.
[15] Tjiptono. 2001. Manajemen Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen, Yogyakarta: BPFE
[16] Winardi. 2016.Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Published
2020-12-03
How to Cite
Oktiani, A. and Marlianti, N. (2020) “PENGARUH IKLAN, PESTER POWER DAN PENEMPATAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ORANG TUA PADA KINDER JOY DI GIANT EKSPRESS MATARAM”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2), pp. 149-156. doi: 10.47492/jih.v9i2.288.
Section
Articles