BESAR RESIKO DAN PENCEGAHAN KARIES GIGI DENGAN METODE “IRENE DONAT” DI PAUD SEKECAMATAN TAEBENU KABUPATEN KUPANG

  • Melkisedek O. Nubatonis Poltekkes Kemenkes Kupang, Indonesia
  • Leny Marlina A. Pinat Poltekkes Kemenkes Kupang, Indonesia
  • Applonia Leu Obi Poltekkes Kemenkes Kupang, Indonesia
Keywords: Resiko Karies, Metode Irene Donat, Anak PAUD

Abstract

Latar belakang: Risiko karies adalah kemungkinan berkembangnya karies pada individu atau terjadinya perubahan status kesehatan yang mendukung terjadinya karies pada suatu periode tertentu. Risiko karies bervariasi pada setiap individu tergantung pada keseimbangan faktor pencetus dan penghambat terjadinya karies. Risiko karies dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu risiko karies tinggi, sedang dan rendah. Agar dapat mengidentifikasi risiko karies anak digunakan suatu penilaian risiko karies. Penilaian risiko karies ini merupakan suatu metode evaluasi klinik di mana dokter gigi nantinya dapat menyesuaikan tindakan pencegahan dan perawatan pada setiap anak. Penilaian risiko karies ini harus dilakukan pada setiap anak sebagai suatu pemeriksaan dasar rutin. Tujuan: Untuk mengetahui besar risiko terjadinya gigi berlubang atau karies dan Tindakan pencegahan karies gigi pada siswa PAUD se Kecamatan Taebenu Kab Kupang. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 50 responden yang diambil secara total sampling. Analisa data menggunakan software simulator Irene Donat. Dalam software, ditampilkan 15 pertanyaan faktor risiko gigi berlubang pada anak yang akan dijawab orang tua. Hasil: Besar Resiko untuk terjadinya karies gigi pada anak di PAUD tinggi sebesar 68% dan beresiko sedang sebesar 20%. Anggota keluarga yang mengasuh 98%, lama minum susu botol <4 tahun 96%, makan permen karet atau manis 92%, pendidikan ibu terakhur bukan sarjana 88%, lama minum Asi >1 tahun 86% dan sering anak minum susu ≤ 3 sehari 86%. Kesimpulan: Besar Resiko untuk terjadinya karies gigi pada anak di PAUD sangat tinggi. Hal ini terjadi karena tingkat pengetahuan dan cara mengasuh anak yang kurang diperhatikan oleh orang tua dimana pada saat sebelum tidur malam anak tidak dibiasakan menggosok gigi, dan juga anak suka makan makanan dan minum yang manis, anak mempunyai kebiasaan mengemut makanan hal ini dapat memicu terjadinya gigi berlubang (karies).

References

Ami Angela. Pencegahan primer pada anak yang berisiko karies tinggi.Departemen Pedodonsia, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara. Jln. Alumni No. 2 Kampus USU Medan 2015, Indonesia.
Anggraini D. Gambaran kebersihan gigi serta status karies ditinjau dari plak pada anak Sekolah Dasar Negeri 40 Palembang. KTI Palembang: Poltekkes Kemenkes Palembang, 2016
Antinah Latif, Tri Krianto, Ririn Arminingsih. Aplikasi Irene Donut: Penerimaan dan Perubahan Sikap Orang Tua dalam Mencegah Karies Gigi Murid TK di Kota Serang. JURNAL KESEHATAN GIGI, e-ISSN 2621-3664, p-ISSN 2407-0866
Emdi ZS, Djafri D, Hidayati. Hubungan pola makan anak terhadap tingkat kejadian karies rampan di Kelurahan Kampung Jao Kota Padang. Andalas Dental Journal. 2017; 5(1): 71–7.
Jumriani. Gambaran pengetahuan orang tua terhadap terjadinya rampan karies pada siswa di TK Karya Kota Makasssar. Jurnal Media Kesehatan Gigi, 2017; 18(1): 1- 8.
Nur Widayati. Faktor Yang Berhubungan Dengan Karies Gigi Pada Anak Usia 4–6 Tahun. Jurnal Berkala Epidemiologi, Vol. 2, No. 2 Mei 2014: 196–205
Pratama DY. Gambaran corak karies gigi molar sulung pada pasien anak di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Jember berdasarkan Jenis Kelamin (usia 6 dan 7 tahun). Skripsi. Jember: FKG Universitas Jember, 2016
Roosihermiatie, Oktarina, Tumai. Korelasi Faktor Ibu dengan Status Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Taman Kanak-kanan di Kelurahan Kemayoran Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya. Jakarta: Balitbangkes RI. 2016.
Zahara E, Andriani. Hubungan pemberian susu menggunakan botol dengan rampan karies pada murid Tk Hj. Cut Nyak Awan Gampong Lambaro Kec. Ingin Jaya Kab. Aceh Besar. Jurnal Averrous. 2018; 4(1).
Published
2023-06-17
How to Cite
Nubatonis, M. O., Pinat, L. M. A. and Obi, A. L. (2023) “BESAR RESIKO DAN PENCEGAHAN KARIES GIGI DENGAN METODE ‘IRENE DONAT’ DI PAUD SEKECAMATAN TAEBENU KABUPATEN KUPANG”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(1), pp. 413-420. doi: 10.47492/jih.v12i1.2799.
Section
Articles