POTENSI DAN PELUANG PENGEMBANGAN SUMBERDAYA PERTANIAN (Studi Kasus Di Negeri Hualoy Kecamatan Amalatu Kabupaten Seram Bagian Barat)

  • Louisa S. Manuhutu Program Studi Admintrasi Bisnis, STIA Abdul Azis Kataloka
  • La Madjid Program Studi Admintrasi Bisnis, STIA Abdul Azis Kataloka
Keywords: Potensi, Peluang Pengembangan, Sumberdaya Pertanian

Abstract

Pembangunan sektor pertanian di Maluku yang meliputi pertanian tanaman pangan, perkebunaan, peternakan, perikanan dan kehutanan. Diarahkan pada upaya peningkatan produksi dan memperluas menganekaragam hasil pertanian dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan, bahan baku industri, memperbesar ekspor, meningkatkan pendapatan dan taraf hidup masyarakat, serta mendorong perluasan pemerataan kesempatan kerja dan berusaha. Untuk itu maka usaha-usaha diversifikasi, ekstensifikasi, intensifikasi dan rehabilitasi terus dilaksanakan secara serasi, terpadu dan merata, yang disesuaikan dengan kondisi daerah dan memelihara kelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup.(BAPPEDA Tingkat 1 Provinsi Maluku ). Guna memenuhi kebutuhan hidupnya masyarakat di pedesaan dapat memanfaatkan berbagai potensi sumber daya yang ada antara lain sumber daya pertanian yang meliputi potensi hutan,tanah, tanaman, ternak dan potensi sumber daya air. Selama ini terdapat potensi sumber daya pertanian yang tidak dimanfatkan secara optimal namun ada pula yang belum sepenuhnya dikelola secara bijak untuk kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan mengetahui Potensi Dan Peluang Pengembangan Potensi Sumberdaya Pertanian Untuk Peningkatan Pendapatan Masyarakat Di Negeri  Hualoy Kecamatan Amalatu Kabupaten Seram Bagian Barat. Sampel diambil secara sensus dengan berjumlah 30 responden. Data dianalisis dengan menggunakan Analisa korelasi jalur path dan Analisa swot. Hasil penelitian menunjukan Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Analisis Korelasi antara berbagai peruntukan lahan dengan pendapatan masyarakat  diperoleh bahwa lahan yang diperuntukan bagi usaha kebun mempumyai korelasi yang sangat kuat terhadap pendapatan masyarakat Negeri Hualoy. 2) Analisis SWOT Pengembangan Sumberdaya Pertanian Di Desa Hualoy Kecamatan Amalatu yaitu faktor internal (kekuatan dan kelemahan), faktor  eksternal (peluang dan ancaman).

References

[1] Agus, F. 2008. Lahan Gambut: Potensi untuk Pertanian dan Aspek Lingkungan. Balai Penelitian Tanah. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Bogor.
Anonim, 1987 Pembangunan Ekonomi Pedesaan Yogyakarta
[2] Apriyanto, A. 2011. Pembangunan Pertanian di Indonesia. http:// www.deptan.go.id/renbangtan/konsep_pembangunan_pertanian.pdf. Diunduh pada tanggal 6 April 2011
[3] Badan Pusat Satatistik Provinsi Maluku 2013
[4] DinasKehutanan Tingkat I Maluku 2012
[5] Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Maluku 2011
[6] Notohadiprawiro, T. 2006. Pemanfaatan Lahan Basah :Kontroversi yang Tidak Ada Habisnya. http://soil.faperta.ugm.ac.id/. Diunduh pada tanggal 6 Maret 2011.
[7] Rangkuti, Freddy 2015. “Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis” Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
[8] Setiawan, I. 2008. Alternatif Pemberdayaan Bagi Peningkatan Kesejahteraan Petani Lahan Kering. FakultasPertanian. Universitas Padjadjaran. Bandung.
[9] Singgih Santoso, S. 2000. SPSS Statistika Parametrik
[10] UlungPamungkas. 2009. Pemetaan Sumberdaya Lahan. JurusanTeknologi
[11] Palestine, D. 2010. Memajukan Pertanian dan Perkebunan. http://suarapembaca.detik.com/ .Diakses tanggal 6 April 2011.
Published
2023-06-25
How to Cite
Manuhutu, L. and Madjid, L. (2023) “POTENSI DAN PELUANG PENGEMBANGAN SUMBERDAYA PERTANIAN (Studi Kasus Di Negeri Hualoy Kecamatan Amalatu Kabupaten Seram Bagian Barat)”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(1), pp. 311-322. doi: 10.47492/jih.v12i1.2699.
Section
Articles