PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP BUDAYA ORGANISASI, KOMITMEN ORGANISASI DAN KINERJA KARYAWAN SARUSUN / APARTEMEN

  • Marnala Evlin Novella Magister Manajemen, Universitas Pancasila
  • Derriawan Derriawan Magister Manajemen, Universitas Pancasila
  • Tabroni Tabroni Magister Manajemen, Universitas Pancasila
Keywords: Kepemimpinan Trasformasional, Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi Dan Kinerja, Organisasi.

Abstract

PPP SRS adalah perhimpunan yang mengatur dan mengelola sebuah ruang bersama  dalam  sebuah rumah susun, dimana area itu dapat merupakan milik perseorangan yang dikelola sendiri oleh pemiliknya dan area bersama yang merupakan hak bersama yang harus digunakan dan dikelola secara bersama. Dengan kondisi pasar  yang dihadapi serta tekanan harga beberapa hunian SARUSUN/apartemen baru  dan belum siapnya budaya organisasi dalam menghadapi situasi yang sulit, maka kehadiran Pimpinan PPP SRS   sebagai pemimpin organisasi yang selanjutnya di kelola oleh Pengelola perlu melakukan transformasi perusahaan guna menyelamatkan dan meningkatkan kinerja organisasi pengelolaan. Penelitian ini menggunakan empat variabel, yaitu kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, komitmen organisasi, dan kinerja karyawan. Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis strategi  untuk meningkatkan kinerja organisasi pengelolaan melalui kepercayaan pemilik, penghuni Sarusun/Apartemen. Metode yang di gunakan menggunakan pendekatan kuantitatif  dengan metode deskriptif dan kausalitas. Analisa menggunakan Strucural Equation Modeling (SEM) dengan prosedur statistik melalui kuesioner dan survey  100 (seratus) orang responden.  Hasil penelitian menunjukan  Ada pengaruh positif yang signifikan kemimpinan transformasional terhadap budaya organisasi,komitmen organisasi dan kinerja organisasi pada Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun (PPP SRS).

References

[1] Robbins, S., & Judge, T. (2018). Organizational Behaviour, Edisi 13, Jilid 1. Jakarta: Salemba Empat.
[2] Rivai, V., & Mulyadi, D. (2018). Kepemimpinan Dan Perilaku Organisasi Edisi Ketiga. Jakarta: Pt. Rajagrafindo Persada.
[3] Mangkunegara, A. P. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
[4] Kaswan. (2018). Psikologi Industri Dan Organisasi. Yogyakarta: Alfabeta.
[5] Irmayanthi, N. P. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi, Quality Of Work Life Dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan. E-Jurnal Manajemen, 9(8).
[6] Iqbal, M. (2021). Kepemimpinan Transformasional Dalam Upaya Pengembangan Sekolah/Madrasah. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(3).
[7] Rohmat. (2020). Kepemimpinan Pendidikan Konsep Dan Aplikasi. Purwokerto: Stain Press.
[8] Pasaribu, A. M. (2018). Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Konsep Balance Scorecard (Studi Kasus CV. Sephine Eta Carinae). Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil , 8(1).
[9] Huseini, M. (2019). Transformasi Budaya Dan Inovasi Perusahaan Bumn. Journalinovbiz : Jurnal Inovasi Bisnis.
[10] Cahyani, R. A. (2020). Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Kota Salatiga). Jurnal Ekobis Dewantara, 3(1).
Published
2023-06-17
How to Cite
Novella, M., Derriawan, D. and Tabroni, T. (2023) “PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP BUDAYA ORGANISASI, KOMITMEN ORGANISASI DAN KINERJA KARYAWAN SARUSUN / APARTEMEN”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(1), pp. 225-232. doi: 10.47492/jih.v12i1.2657.
Section
Articles