INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK TERHADAP ALAM PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH GREEN SCHOOL WONOGIRI TAHUN AJARAN 2022/2023

  • Aisyah Adila Hikmah Institut Islam Mambaul Ulum Surakarta
  • Joko Subando Institut Islam Mambaul Ulum Surakarta
  • Arif Effendi Institut Islam Mambaul Ulum Surakarta
Keywords: Internalisasi, Nilai-Nilai Akhlak, Alam, Santri Pondok Pesantren Muhammadiyah Green School Wonogiri

Abstract

Pendidikan akhlak memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia, khususnya dalam berperilaku sehari-hari. Manusia sebagai khalifah di muka bumi memiliki amanah dan tanggungjawab untuk menjaga dan melestarikan alam. Hal inilah yang mendorong penulis untuk meneliti terkait akhlak terhadap alam dengan rumusan masalah : (1) Apa saja akhlak terhadap alam di Pondok Pesantren Muhammadiyah Green School Wonogiri?, (2) Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai akhlak pada santri di Pondok Pesantren Muhammadiyah Green School Wonogiri?, (3) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam internalisasi nilai-nilai akhlak terhadap alam di Pondok Pesantren Muhammadiyah Green School Wonogiri?. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tentang internalisasi nilai-nilai akhlak terhadap alam di Pondok Pesantren Muhammadiyah Green School Wonogiri diketahui bahwa : (1) Akhlak terhadap alam di Pondok Pesantren Muhammadiyah Green School Wonogiri ialah penanaman pohon dan penghijauan, menjaga kebersihan, ramah terhadap lingkungan, menjaga lingkungan dari kerusakan, dan menjaga keseimbangan alam dan sumberdaya. (2) Internalisasi nilai-nilai akhlak terhadap alam di Pondok Pesantren Muhammadiyah Green School Wonogiri meliputi tiga tahap, pertama transformasi nilai yaitu dengan cara guru menyampaikan secara lisan kepada peserta didik tentang akhlak yang baik terhadap alam/lingkungan serta memberi motivasi dan nasihat, Kedua transaksi nilai dengan metode bimbingan dan diskusi antara guru dan santri dalam kegiatan Gardening/berkebun dan tadabbur alam, Ketiga transinternalisasi nilai dengan cara menunjukkan keteladanan guru, melakukan pembiasaan, dan pengawasan. (3) Faktor Pendukung dalam internalisasi nilai akhlak yaitu lingkungan sekolah, adanya program sekolah, dan adanya controlling.

Published
2023-06-17
How to Cite
Hikmah, A., Subando, J. and Effendi, A. (2023) “INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK TERHADAP ALAM PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH GREEN SCHOOL WONOGIRI TAHUN AJARAN 2022/2023”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(1), pp. 153-160. doi: 10.47492/jih.v12i1.2651.
Section
Articles