PENERAPAN FUNGSI-FUNGSI KOMUNIKASI DALAM LAYANAN ADMINISTRASI DI KANTOR KECAMATAN NUSANIWE KOTA AMBON

  • Olivia Tahalele Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pattimura
  • Sandra Ivonnie Telussa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pattimura
Keywords: Fungsi-fungsi Komunikasi dan Layanan Administrasi

Abstract

Komunikasi adalah bagian terpenting dalam kehidupan organisasi, terutama dalam proses kerja sama yang dilaksanakan. Fungsi-fungsi komunikasi dalam layanan administrasi yang diterapkan suatu organisasi tidak terlepas dari downward communication, upward communication, horizontal communication, dan diagonal communication sebagai landasan komunikasi dalam layanan administrasi yang berlangsung secara formal di setiap level organisasi termasuk organisasi pemerintah di tingkat kecamatan. Maka penelitian dilakukan untuk menghasilkan kajian secara ilmiah tentang fungsi-fungsi komunikasi dalam layanan administrasi di Kantor Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon, yang didesain dengan metode kualitatif. Hasil analisis membuktikan bahwa downward communication, upward communication, horizontal communication, dan diagonal communication dalam proses layanan administrasi berlangsung secara intens dan berhasil mengungkap hasil dari penerapan funsi-fungsi komunikasi administrasi di Kantor Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon.

References

[1] Hardjana A.M. (2003), Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal, Jakarta: Kanisius.
[2] Lestari Endang, G & Maliki (2003) Komunikasi Yang Efektif, Jakarta: Lembaga Administrasi Negara RI.
[3] Mulyana (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
[4] Putri Vanya Kurnia, (2021), Arus Komunikasi Horizontal dan Diagonal dalam Komunikasi Organisasi (kompas.com) 28-12-2021
[5] Pakar Komunikasi, (2023), Komunikasi Diagonal - Pengertian - Hambatan - Pakar Komunikasi.com
[6] Rosyandiah, Ida, (2023), Modul 1 Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Bentuk Laporan, Jakarta: UT https://pustaka.ut.ac.id/.../pdfmk/PUST2138-M1.pdf • PDF file.
[7] Suciati, Izma (2023). Komunikasi Diagonal Yang Menciptakan Profesionalitas Antarmanajer dan Staf, Jurnal Manajemen Kantor.
[8] Eva Yanuarti, (2023), Komunikasi Diagonal: Pengertian - Kriteria dan Contohnya – Halo Edukasi.com
Published
2023-06-17
How to Cite
Tahalele, O. and Telussa, S. (2023) “PENERAPAN FUNGSI-FUNGSI KOMUNIKASI DALAM LAYANAN ADMINISTRASI DI KANTOR KECAMATAN NUSANIWE KOTA AMBON”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(1), pp. 113-120. doi: 10.47492/jih.v12i1.2647.
Section
Articles