MENGKAJI MEDIA PUZZLE ANGKA DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA DINI

  • Heru Wardany Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Bogor Raya, Indonesia
  • Nurdini Ferianti Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Bogor Raya, Indonesia
  • Siti Supriyanti Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Bogor Raya, Indonesia
Keywords: Perkembangan Berhitung, Media Puzzle Angka & PAUD

Abstract

Setiap anak yang lahir ke dunia memiliki potensi. Salah satu potensi yang perlu mendapat rangsangan adalah bakat (Aptitute). Salah satu cara untuk mengembangkan potensi anak yaitu melalui pendidikan anak usia dini. Dalam   meningkatkan   kualitas   pendidikan   anak   usia dini, sangat diperlukan pemahaman yang mendasar tentang perkembangan diri anak terutama yang terjadi dalam proses pembelajarannya. Hal ini dimaksudkan agar kita dapat mengetahui ada atau tidaknya kesulitan yang dialami oleh anak dalam proses belajar. Dengan pemahaman yang cukup mendalam atas proses tersebut diharapkan guru mampu mengadakan eksplorasi, merencanakan dan mengimplementasikan penggunaan sumber belajar dan alat permainan. Memilih media pembelajaran hendaknya sesuai dengan karakteristik anak usia dini karena media berperan penting dalam pembelajaran sehingga, dapat membangkitkan semangat dan menarik perhatian siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji media puzzle angka dalam menstimulasi perkembangan berhitung permulaan anak kelompok A di PaudQu Ar Radhin Waru Jaya Parung Bogor. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian berjumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan tes unjuk kerja. Instrumen penelitian berupa lembar observasi berupa chek list untuk mendapakan data mengenai perkembangan berhitung pada anak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media puzzle angka dapat menstimulasi perkembangan berhitung pada anak usia 4 – 5 tahun di Paudqu Ar Radhin terlihat pada keberhasilan siklus ke 2 pertemuan ke 3 persentase perkembangan berhiung anak mencapai 90%.

References

[1] Ahmad Susanto, ( 2011) Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Bebagai Aspeknya, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group,, 98.
[2] Anggoro, M. Toha, dkk, 2011. Metode Penelitian. Jakarta. Universitas Terbuka.hal. 5.2 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
[3] Annisa Fitri Nurhafizah, Pengaruh Media Puzzle Angka Modifikasi Terhadap Kemampuan Berhitung Anak TK,‖ Jurnal Pendidikan Tambusai 4, no. 1 (2020): 7-13
[4] Ardy Wiyani Novan, Konsep Dasar PAUD, (Yogyakarta: Gava Media, 2016)
[5] Arsyad Azhar, Media Pembelajaran, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013), 4.Asmariani, ―Konsep Media Pembelajaran PAUD,‖ Jurnal Al-Afkar v, no. 1 (2016): 34.
[6]
[7] Hamalik Oemar, Media Pendidikan, (Bandung: Alumni, 1980), 9.
[8] Jatmika N, Y, Ragam Aktivitas Harian untuk Playgroup, (Yogyakarta: Diva Press, 2012) 25
[9] Mu`Alimin. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Teori Dan Praktik. Ganding Pustaka.hal.1
[10] Muniningrum Ratnawati, Budiman Rudy. 2016. Modul Guru Pem( belajar taman kanak-kanak kelompok kompetensi H. Bandung. hal. 48
[11] Sriningsih, Nining. 2008. Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas.
[12] Suyanto. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing. Siswanto, I. 2008. Mendidik Anak dengan Permainan Kreatif.Yogyakarta: ANDI Offset.
Published
2023-06-17
How to Cite
Wardany, H., Ferianti, N. and Supriyanti, S. (2023) “MENGKAJI MEDIA PUZZLE ANGKA DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA DINI”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(1), pp. 91-94. doi: 10.47492/jih.v12i1.2637.
Section
Articles