PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL UCING-UCINGAN TERHADAP KETERAMPILAN GERAK MANIPULATIF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD AL-DZAKWAN

  • Ririn Tjahyaningsih Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
  • Winda Yunica Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
  • Dtakiyatuddaaimah Dtakiyatuddaaimah Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
  • Elsa Rahmanis Saleha Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
Keywords: Permainan Tradisional Ucing-Ucingan terhadap Gerak Manipulatif Anak usia dini.

Abstract

Permainan tradisional mulai terkikis oleh perkembangan zaman, menyebabkan anak-anak kurangnya mengetahui tentang permainan tradisional. Salah satu permainan yang jarang di ketahui anak-anak adalah ucing-ucingan. Dalam permainan ucing-ucingan ini peran ucing yang di kandang oleh anak yang kalah dalam undian harus memiliki kemampuan berlari dengan kencang agar mampu mengenai atau menangkap teman-temannya yang berlarian. Dalam konteks ini permainan ucing-ucingan dapat berhubungan dengan keterampilan gerak manipulatif melalui gerakan seperti berlari, melompat dan sebagainya. Penlitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional ucing-ucingan terhadap keterampilan gerak manipulatif. Metode yang di gunakan adalah metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua sample kelas, yaitu kelas B1 terdiri dari 10 siswa sebagai kelas eksperimen yang di berikan permainan tradisional ucing-ucingan dengan kelas B2 yang terdiri dari 10 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara bereksperimen di kelas dengan menggunakan RPP. Berdasarkan hasil tes setelah dilakukan perhitungan thitung dan ttabel diperoleh thitung =2,298 dan ttabel =2,100, hasil perhitungan tersebut dibandingkan sesuai dengan hipotesis yang telah dirumuskan dari awal. Maka dapat di simpulkan thitung>tabel  yang artinya tolak Ho dan diterima H1 dengan interpensi terdapat pengaruh permainan tradisional ucing-ucingan terhadap ketarampilan gerak manipulatif pada anak usia 5-6 tahun di Paud Al-Dzakwan.

References

[1] Aep Rohendi, Laurens Seba, Perkembangan Motorik Pengantar Teori Dan Implikasinya Dalam Belajar, ( Bandung:Alfabeta, 2017), H. 119
[2] Andriani Tuti (2012) Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini
[3] Berk, L.E. (2015). Child development. Boston Allyn and Bacon
[4] Chatib Munif (2016) Gurunya Manusia : Menjadikan semua anak istimewa dan semua anak juara. Kaifa Learning : Bandung
[5] Irvan Setiawan, May 19,2020 “Ucing” dalam permainan anak Sunda. Jakarta: PT. Indeks.
[6] Kurniati 2016:13 Permainan Tradisional: Dan Perannya Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jakarta : Kencana Prenademia Group
[7] Kurniati 2016:13 Permainan Tradisional: Dan Perannya Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jakarta : Kencana Prenademia Group
[8] Kurniati, E. (2011). Program Bimbingan untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Tradisional. Surakarta: Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Legendaris Publishing.
[9] Miller, L.,& Pound, L. (2006). Theories and approaches to learning in the early years. Los Angeles: Sage
[10] Mulyani Cahyono: 2016 Peran permainan Tradisional dalam Peerkembangan Moral Anak Usia Dini
[11] Mulyani, N. (2016) Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta :
[12] Mulyani, Novi. 2016. Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta : DIVA Press.
[13] Novi Mulyani, Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia, (Yogyakarta:Diva Press, 2016), H.46
[14] Novi Mulyani, Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia, (Yogyakarta:Diva Press, 2016),
[15] Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi Dan Aspek Perkembangan Anak,Jakarta,Prenadamedia Grup,hal 155
[16] Permendikbud nomor 65 tahun 2013 tentang standar proses Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
[17] Subagio Adie (2016:161) Pengaruh Permainan Tradisional
[18] Sugiono. 2018 Metode Penelitian kuantitati, kualitatif dan R& D, Bandung hal 127
[19] Sujiono, Y. N. (2009). Konsep dasar pendidikan anak usia dini.
[20] Sukirman Dharmamulya.2005 Pengertian Permainan Tradisional
[21] Wetton, P. (2007). Physical education in the early years. Canada: Routledge
Published
2023-06-06
How to Cite
Tjahyaningsih, R., Yunica, W., Dtakiyatuddaaimah, D. and Saleha, E. (2023) “PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL UCING-UCINGAN TERHADAP KETERAMPILAN GERAK MANIPULATIF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD AL-DZAKWAN”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(1), pp. 83-90. doi: 10.47492/jih.v12i1.2636.
Section
Articles