ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM KAIN TENUN LOMBOK

  • Noni Antika Khairunnisah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram
  • Sri Maryanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram
  • Suharti Suharti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram
Keywords: Pengelolaan, Pengunjung, Pariwisata, Loang Baloq, Berkelanjutan.

Abstract

Strategi pemasaran dipandang sebagai salah satu dasar yang dipakai Menyusun perencanaan bagi perusahaan atau UMKM secara menyeluruh. Dalam kegiatan pemasaran sering kali mampu memberikan peningkatan yang signifikan bagi UMKM, peningkatan signifikan yang dirasakan oleh UMKM dengan cara promosi yang dilakukan menggunakan cara Offline dan Online (E-Commerce). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing, dan untuk mengetahui seberapa efektif pelaksanaan startegi pemasaran yang dilakukan. Jenis penelitian ini kualitatif, penelitian dilakukan di UMKM Kain Tenun Lombok. Teknik pengumpulan data dengan wawancara. Hasil penelitian menujukkan peningkatan penjualan dengan menggunakan dua cara. Pembelian produk kain tenun selain diperoleh dari belanja secara manual (Offline) adapula melalui belanja online (Instragram, Whaatshap, dll).

References

[1] T. W. Kusuma, "Penerapan Strategi Pemasaran Yang Tepat Bagi Perusahaan Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Pt. Hikmah Cipta Perkasajakarta.," Jurnal Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK), 2(1)., 2015.
[2] E. Elwisam and R. Lestari, "Penerapan strategi pemasaran, inovasi produk kreatif dan orientasi pasar untuk meningkatkan kinerja pemasaran UMKM.," Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(2), 277-286., 2019.
[3] S. L. Triyaningsih, "Strategi Pemasaran Usaha Kecil dan Menengah.," Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 12(1)., 2012.
[4] Chandra and Gregorius, "Strategi dan Program," 2002.
[5] H. Umar, "Strategic management in action. Gramedia Pustaka Utama.," 2001.
[6] E. B. Charles, "Strategy: Sustainable Advance and Performance.," Canada: South Western Cengage Learning., 2010.
[7] A. M. Rakanita, "Pemanfaatan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak.," Journal EKBIS, 20(2), 1280-1289., 2019.
[8] Tambunan, and T. H. Tulus, "SME Development in Indonesia with Reference to Networking, Innovativeness, Market Expansion and Government Policy, ERIA Research Project Report 2007, No. 5, March, Bangkok: ERIA," 2008.
[9] U. Shidiq, Choiri and Miftachul, "Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan.," CV. Nata Karya. Ponorogo., 2019.
[10] F. Nugrahani and H. Hum, "Metode penelitian kualitatif.," Solo: Cakra Books, 1(1), 3-4., 2014.
[11] "https://www.ntbprov.go.id/post/tembe-nggoli-salah-satu-unggulan-umkm-Lombok".
[12] S. Garelli, "Competitiveness of Nations: The Fundamentals BT-IMD World Competitiveness Yearbook 2003.," IMD World Competitiveness Year book 2003, 2003.
Published
2023-06-06
How to Cite
Khairunnisah, N., Maryanti, S. and Suharti, S. (2023) “ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM KAIN TENUN LOMBOK”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(1), pp. 71-76. doi: 10.47492/jih.v12i1.2634.
Section
Articles