IMPLEMENTASI MANAJEMEN OPERASIONAL RUMAH TAHFIDZ UMMU SALAMAH NGANTANG MALANG JAWA TIMUR TAHUN 2022

  • Ahadia Audi Permata Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
  • Edy Muslimin Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
  • Yetty Faridatul Ulfah Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
Keywords: Implementasi, Manajemen Operasional, Rumah Tahfidz

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan manajemen operasional rumah tahfidz yang saat ini masih berada dalam tahap penyesuaian dengan sistem fungsi dan prinsip manajemen operasional. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah agar mengetahui implementasi dari fungsi manajemen operasional dan prinsip manajemen dari salah satu ahli manajemen (Henry Fayol) yang digunakan oleh rumah tahfidz. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menerapkan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi atau pengamatan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi manajemen operasional tersebut meliputi peranan kebijakan pengurus serta keputusan-keputusan yang di terapkan di dalamnya dengan perbaikan terus menerus dalam manajemen operasional dengan memperhatikan fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengoordinasian dan pengawasan. Fungsi perencanaan dilakukan dengan membentuk program dan kurikulum muatan pembelajaran. Fungsi pengorganisasian yaitu dengan menempatkan setiap pengurus sesuai dengan keahlian di bidangnya masing-masing dan turut mengoorganisasikan manajemen operasional keuangan, dapur serta sarana dan prasarana. Fungsi pengarahan dilakukan dengan memberikan motivasi dan komunikasi yang baik antar pengurus. Fungsi pengoordinasian dan pengawasan yaitu dengan mengadakan rapat evaluasi pengurus setiap pekannya. Sedangkan prinsip yang digunakan yaitu Devision of Work, Authority and Responsibility, Dicipline, Subordination of Individual Interest to General Interest, Renumeration, Centralization, Order, Equity, Stability of Tonure of Personel, Initiative, Esprit the Corps.

References

[1] Al Qur’an dan terjemahannya. (2008). Departemen Agama RI. Bandung: Diponogero.
[2] Arifin bustanil, setiawati. (2021). Gambaran Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Quran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4886-4894. Diambil pada tanggal 5 November 2022, dari
[3] Https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1709
[4] Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
[5] Bungin, Burhan. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo.
[6] Ferdinan. (2018). Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an (Studi Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Sulawesi Selatan). Jurnal Tarbawi, Vol 3, No 1, 40-50.
[7] Fitri Nur, Dewi Halimatus. (2022). Analisis Manajemen Pendidikan Karakter Madrasah Ibtidaiyah dalam Mewujudkan Generasi Berakhlakul Karimah. Jurnal Basicedu Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Vol. 6 nomor 2 tahun 2022 halaman 2370-2379. Doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2450
[8] Fitria, Ria. (2020). “Peran Rumah Tahfidz El Fajr dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Sako Kenten Palembang”. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Palembang.
[9] Handoko, T. Hani. (2012). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.
[10] Husaini. (2021). Upaya Peningkatan Mutu Pembelajar Hifzh Quran pada Rumah Tahfidz Insan Qur'ani Wonosobo Kabupaten Bener Meriah. Jurnal manajemen pendidikan islam STAI Al Hidayah Bogor. 4(1), 238-242. Doi http:dx.doi.org/10.30868/im.v4i01.1128
[11] J. J Hasibuan, Moedjiono. (1986). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
[12] Nasbi, Ibrahim. (2017). Manajemen Kurikulum: Sebuah Kajian Teoritis. Jurnal Idaarah, Vol 1, No 2, 318-330
[13] Purnomo, H. M. Hadi. (2017). Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren. Yogyakarta: Bildung Pustaka Utama.
[14] Purwaningsih, Nori. (2018). “Manajemen Pondok Pesantren dalam Pemberdayaan Santri di Bidang Kewirausahaan”. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Purwokerto.
[15] Rahma Siti, dkk. (2022). Implementasi Manajemen Kurikulum di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Vol. 6 nomor 1 halaman 965-969. Doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2102
[16] Rezeki, Kalin. (2018). “Manajemen Pondok Pesantren Roudhotul Muta’alimin Sukabumi Bandar Lampung Telaah Unsur Manajemen”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan. Lampung.
[17] Safitri, Indah Nur. (2021). Implementasi Manajemen Operasional di Yayasan Pondok Pesantren Modern Yatim dan Dhuafa Madania Bantul. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
[18] Semiawan. Conny R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.
[19] Sukarna. (2011). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: CV. Mandar Maju.
[20] Sulastri, Lilis. (2014). Manajemen Sebuah Pengantar Sejarah, Tokoh, Teori, dan Praktik.
[21] Sulastri. (2020). Manajemen Pengembangan Tenaga Pendidik di Ra Sholeh Gumilir Cilacap. Tesis. IAIN Purwokerto.
[22] Sumarni Nani, Andewi Suhartini. (2021). Manajemen Kurikulum Tahfidz di Pondok Pesantren Ad Da'wah Lebak Banten. Jurnal Pendidikan islm al-affan, 1(2),136-142
[23] Tafsir, Ahmad. (1992). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
[24] Terry, George R., dan Leslie W. Rul. (1999). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
[25] Torang, Syamsir. (2013). Organisasi dan Manajemen (Perilaku, Struktur, Budaya dan Perubahan Organisasi. Bandung: Alfabeta.
[26] Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group.
Published
2023-06-06
How to Cite
Permata, A., Muslimin, E. and Ulfah, Y. (2023) “IMPLEMENTASI MANAJEMEN OPERASIONAL RUMAH TAHFIDZ UMMU SALAMAH NGANTANG MALANG JAWA TIMUR TAHUN 2022”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(1), pp. 39-46. doi: 10.47492/jih.v12i1.2631.
Section
Articles