PENINGKATAN SPIRITUALITAS GURU DAN SISWA SMP BERBASIS ISLAM DI KOTA BANJARMASIN

  • Abdul Khair Amrullah STKIP Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin
Keywords: Manajemen Pendidikan

Abstract

Esensi pendidikan adalah spiritualitas. Upaya membangkitkan sistem pendidikan spiritual dalam era modern merupakan tanggung jawab semua pihak, demi pengembangan kualitas sumber daya manusia setinggi-tingginya. Para pakar pendidikan pada umumnya sependapat bahwa sebagai lembaga Pendidikan, sekolah hendaknya mampu memberikan pendidikan yang efektif dan sistematis untuk menanamkan nilai-nilai spiritual pada seluruh siswanya. Melalui wawancara dengan kepala sekolah dan guru sebagai partisipan, dapat disimpulkan bahwa perancangan program kerja peningkatan spiritualitas guru dan Siswa dilakukan secara kolektif. Implementasinya sangat baik meski SMP Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin tidak memiliki jadwal khusus kegiatan, namun para guru diwajibkan mengikuti pembinaan siswa sebagai pendamping.

References

[1] Tohirin. 2007.Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta : Raja Grafindo Perkasa.
[2] Sonhadji, A. 2012. Manusia, Teknologi, dan Pendidikan. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.
[3] Fauzi, I. 2012. Manajemen Pendidikan ala Rasulullah. Jakarta: Ar Ruzz Media
[4] Ary, G.A.2001. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ; Emosional Spiritual Quotient berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam. Jakarta, Arta Wijaya Persada.
[5] Denzin, N.K & Lincoln,Y.S. 1994.Handbook of Qualitative Research.Thousand Oaks,CA:Sage.
Published
2023-06-06
How to Cite
Amrullah, A. (2023) “PENINGKATAN SPIRITUALITAS GURU DAN SISWA SMP BERBASIS ISLAM DI KOTA BANJARMASIN”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(1), pp. 1-8. doi: 10.47492/jih.v12i1.2627.
Section
Articles