UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK PADA ANAK USIA DINI

  • St. Maria Ulfah PG.PAUD FKIP Universitas Terbuka
  • Nurdiyah Nurdiyah FST Universitas Terbuka
Keywords: Karakter, Disiplin, Anak Usia Dini

Abstract

Dalam rangka proses peningkatan mutu pendidikan berbasis kompetensi diperlukan guru, baik secara individual maupun kolaboratif, untuk melakukan sesuatu, mengubah agar pendidikan dan pembelajaran menjadi lebih berkualitas.  Model pendekatan kurikulum tersebut berlaku dan ditetapkan di seluruh tingkat serta jenjang pendidikan sejak Pendidikan Anak Usia Dini hingga pendidikan menengah. Keajegan model pendekatan disemua jenjang ditujukan untuk membentuk sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik yang lebih konsisten sejak awal, sehingga diharapkan peserta didik mampu berkembang menjadi sumber daya manusia yang memiliki kompetensi yang keatif, inovatif, dan berdaya saing dalam lingkup yang lebih luas.

Disiplin dapat dikatakan sebagai alat pendidikan bagi anak, sebab dengan disiplin anak dapat membentuk sikap teratur dan mentaati norma yang ada. Untuk itu disiplin sudah dibiasakan dalam kehidupan anak sejak usia dini. Pembiasaan hidup disiplin pada diri anak, baik di rumah maupun di sekolah akan berpengaruh positif bagi anak dalam perkembangannya. Untuk itu peran orang tua maupun guru berperan penting dalam menanamkan pembiasaan disiplin pada anak. Untuk menyelesaikan masalah, digunakan beberapa strategi yaitu hadir tepat waktu, berbaris dengan rapi sebelum masuk ke kelas, berpakaian rapih, menyimpan sepatu pada rak sepatu , merapikan kembali mainan setelah dipakai

References

[1] Kurniawan. Syamsul. 2013. Pendidikan Karakter. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
[2] Wibowo, Agus. 2013. Manajemen Pendidikan Berkarakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
[3] Zubaedi. 2011. Design Pendidikan Karakter. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
[4] Suyanto, Slamet. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia dini. Hikayat.
[5] 2012. Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal pendidikan anak. 1 (2).
[6] Cahyaningrum, S, E., Sudaryanti., & Nurtanio, A. P. 2017. Pengembangan nilai-nilai anak usia dini melalui pembiasaan dan keteladanan. Universitas Negeri Yogyakarta. 6 (2).
[7] Prasanti, D.,& Dinda, R. F. 2018. Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, dan Komunitas. Jurnal Obsesi. 2 (1), 13-19.
[8] Thomas Lickona, Pendidikan Karakter panduan lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar Dan Baik, Bandung: Nusa Media
Published
2023-01-05
How to Cite
Ulfah, S. M. and Nurdiyah, N. (2023) “UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK PADA ANAK USIA DINI”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(2), pp. 1427-1436. doi: 10.47492/jih.v11i2.2413.
Section
Articles