ANALISIS DAYA TERIMA KONSUMEN PADA PADA INOVASI PRODUK UNBAKED CHEESE CAKE BERBASIS TAHU SUTERA

  • dendi gusnadi universitas telkom
Keywords: Daya Terima Konsumen, Unbaked Cheese Cake, Tahu Sutera

Abstract

Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah bagaimana memanfaatkan tahu sutera sebagai bahan tambah pada produk unbaked cheese cake. Dimana dimasukanya tahu sutera ini bertujuan untuk menigkatkan nilai gizi khususnya kadar protein nabati menggantikan lemak yang banyak terkandung dalam cream cheese, dimana cream cheese ini adalah bahan utama dalam membuat unbaked cheese cake. Dipilihnya tahu sutera selain untuk meningkatkan nilai gizi karena karateristik tahu sutera terutama tekstur nya hampir sama dengan cream cheese. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperiment dimana peneliti membuat inovasi unbaked cheese cake terlebih dahulu. Untuk Teknik pengumpulan data dengan kuesioner angket terhadap 100 panelis terdiri dari panelis ahli sebanyak 30 panelis, panelis tidak terlatih 70 panelis kemudian data disajaikan secara deskriptif. Hasil penelitian Formulasi yang ideal dari produk unbaked cheese adalah 70gram cream cheese,30gr tahu sutera, fresh milk 10ml, gelatine powder 5gram, icing sugar 100gr dan 50gr biscuit dan  yang bisa penulis sampaikan adalah untuk daya terima konsumen dalam aspek rasa, tekstur,warna, aroma dan penampilan fisik rata-rata diterima oleh konsumen.

Published
2020-05-27
How to Cite
gusnadi, dendi (2020) “ANALISIS DAYA TERIMA KONSUMEN PADA PADA INOVASI PRODUK UNBAKED CHEESE CAKE BERBASIS TAHU SUTERA”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(1), pp. 49-54. doi: 10.47492/jih.v9i1.24.
Section
Articles