PERANAN PELATIHAN PADA KINERJA FRONT DESK AGENT DI HARRIS RESORT BARELANG BATAM

  • Devid Trinaldo Simatupang Politeknik Pariwisata Batam
  • Nensi Lapotulo Politeknik Pariwisata Batam
  • Dina Auliana Politeknik Pariwisata Batam
Keywords: Pelatihan, Kinerja, Front Desk Agent

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan pelatihan pada staf front desk di Harris Resort Barelang Batam. Diharapkan pelatihan mempunyai peran penting dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, maka perusahaan terlebih dahulu harus membuat kebijakan aturan, cara kerja, metode pelatihan karyawan. Front desk adalah salah satu seksi yang berada dalam front office departement yang menangani semua urusan mengenai check-in, check-out,  komplain tamu, yang artinya semua pusat pelayanan datang dari front office. Kinerja front desk juga sangat berpengaruh besar terhadap pendapatan dan penilaian pertama tamu atau first impression terhadap hotel. Penelitian ini dilakukan di Harris Resort Barelang Batam. Penulisan penelitian ini disajikan secara deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan disajikan dengan cara deskriptif. Hasil dari penelitian ini,  bahwa peranan pelatihan pada kinerja front desk agent sangat penting dan sangant dibutuhkan dalam menunjang operasional front office pada umumnya dan pada desk agent khususnya.

Author Biography

Devid Trinaldo Simatupang, Politeknik Pariwisata Batam

Manajemen Divisi Kamar

References

[1] Afandi, Pandi. 2018. Manajemen Sumberdaya Manusia Teori Konsep dan Indikator. Pekanbaru: Zanafa Publishing.
[2] [2]Chair, I. M., & Pramudia, H. 2017. Hotel Room Division Management. Jakarta: Kencana Jurnal Bisnis Teknologi Volume 4, Nomor 1 Juli 2017.
[3] Dewi, AD.2019. Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan. Skripsi. Universitas Muhamadiyah Surabaya. Surabaya.
[4] Dosen, B. 2013. Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Psikologi Industri. Teknik Bina Industri. Universitas Bina Darma. Palembang.
[5] Fitriana, A. 2013. Potensi Daya Tarik Wisata Blusukan Solo. Skripsi. Universitas Negeri Solo. Solo.
[6] Komar, Richard. 2014. Hotel Management. Jakarta: Grasindo Poerwadarmint, W.J.S. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. PN Balai Pustaka Jakarta
[7] Kristanto, Hendra. 2020. Penggunaan Uniform Sebagai Penunjang Kenyamanan Aktifitas Front Desk Agent Di Harris Resort Barelang Kota Batam.Skripsi. Batam Tourism Polytechnic: Batam
[8] Lailatul Qodri Z, Muhammad. 2014. Panduan Lengkap Human Resources Division & General Affair. Jakarta: Raih Asa Sukses
[9] Rahman, M. Taufiq. Mustari, Mohamad. 2012. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta : LaksBang Pressindo.
[10] Silaban, Nurlydya. 2020. Efektivitas Pelaksanaan Program Pelatihan Karyawan Housekeeping Public Area Attendant Di Hotel Best Western Premier Panbil Batam. Skripsi. Batam Tourism Polytechnic: Batam
[11] Syamsurizal. 2016. Peranan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jurnal Warta Edisi : 49 Bulan Juli Tahun 2016
[12] Triasmoko, D, Moch, D.M,. & Gunawan, E.K. ( 2014). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis, 12(1)
[13] Wyatt, J. C, Spiegelhalter, D, 2008, Field Trials of Medical Decision-Aids: Potential Problems and Solutions, Proceeding of 15th Symposium on Computer Applications in Medical Care, Washington, May 3.
[14] Prasetya, E., 2006, Case Based Reasoning untuk mengidentifikasi kerusakan bangunan, Tesis, Program Pasca Sarjana Ilmu Komputer, Univ. Gadjah Mada, Yogyakarta.
[15] Ivan, A.H., 2005, Desain target optimal, Laporan Penelitian Hibah Bersaing,Proyek Multitahun, Dikti, Jakarta.
[16] Wallace, V. P. , Bamber, J. C. dan Crawford, D. C. 2000. Classification of reflectance spectra from pigmented skin lesions, a comparison of multivariate discriminate analysis and artificial neural network. Journal Physical Medical Biology , No.45, Vol.3, 2859-2871.
[17] Xavier Pi-Sunyer, F., Becker, C., Bouchard, R.A., Carleton, G. A., Colditz, W., Dietz, J., Foreyt, R. Garrison, S., Grundy, B. C., 1998, Clinical Guidlines on the identification, evaluation, and treatment of overweight and obesity in adults, Journal of National Institutes of Health, No.3, Vol.4, 123-130, :http://journals.lww.com/acsm-msse/Abstract/1998/11001/paper_treatment_of_obesity.pdf.
[18] Borglet, C, 2003,Finding Asscociation Rules with Apriori Algorithm,http://www.fuzzy.cs.uniagdeburgde/~borglet/apriori.pdf, diakses tgl 23 Februari 2007.
Published
2022-12-16
How to Cite
Simatupang, D. T., Lapotulo, N. and Auliana, D. (2022) “PERANAN PELATIHAN PADA KINERJA FRONT DESK AGENT DI HARRIS RESORT BARELANG BATAM”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(2), pp. 1279-1286. doi: 10.47492/jih.v11i2.2348.
Section
Articles