STRATEGI PEMASARAN KELOMPOK BUKIT TUAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK GULA AREN DI DESA KEKAIT KECAMATAN GUNUNGSARI

  • Zulhiyah Zulhiyah Universitas 45 Mataram
  • I Made Putra Suryantara Universitas 45 Mataram
  • Lalu Ahmad Rahmat Universitas 45 Mataram
  • Sandi Justitia Putra Universitas 45 Mataram
Keywords: Strategi Pemasaran,Gula Aren, Desa Kekait.

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh banyaknya persaingan antar pengusaha khususnya pedagang dalam menarik minat konsumen sehingga bisa meningkatkan penjualan. Dan salah satu caranya adalah dengan menerapkan strategi pemasaran. Strategi pemasaran harus dilakukan dengan efektif sehingga penjualan dapat meningkat. Kegiatan pemasaran umumnya memfokuskan diri pada produk, penetapan harga, dan cara promosi yang dalam hal ini dikenal sebagai pemasaran. Namun strategi pemasaran terkadang dilakukan atas dasar prinsip ekonomi konvensional, untuk itu dalam penelitian ini akan diteliti tentang strategi pemasaran yang dilakukan oleh masyarakat . Fokus dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui strategi pemasaran di Desa Kekit Daye, (2) untuk mengetahui hambatan yang sering terjadi di Desa Kekait Daye. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari pedagang yang ada di Desa Kekait Daye. Data sekunder yang digunakan berupa buku-buku referensi yang telah ada. Metode pengumpulan data adalah wawancara,dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi pemasaran yang dilakukan adalah memilih pasar, produk, lokasi dan promosi (2) meningkat promosi dengan mengubah kemasan produk. Pembeli bisa memilih produk sesuai selera dan dalam promosinya tidak melebih- lebihkan dan tidak menutupi kekuragan produk.

References

[1] Nurahmi Hayani. 2012. Manajemen Pemasaran Bagi Pendidikan Ekonomi.
[2] Sri Haryanti, Bambang Mursito, Sudarwati: Prodi Manajemen FE UNIBA Surakarta : 145
[3] Rosanna Lubis. 2017. Analisis Strategi Pemasaran Usaha Gula Aren : Pengembangan Strategi Pemasaran Produk Gula Tapo : Jurnal Penelitian Moh. Halini Azhari, M.R. Yantu, dan Dewi Nur Asih 2013
[4] Laksmi Dewi dan Masitoh, Strategi Pembelajaran, (Jakarta: Depag RI, 2009)
[5] Sondong P. Siagian, Manajemen, (Jakarta: Bumi Aksara,1995)
[6] Thamrin Abdullah dan Francis Tantri. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali
[7] Murti Sumarni. 2005. Management Pemasaran Bank. Yogjakarta: Liberti
[8] Jurnal Penelitian : Sri Haryanti, Bambang Mursito, Sudarwati. hal 145)
[9] Dokumentasi Profil Desa Kekait, diakses pada tanggal 20 Juni 2022) https://store.sirclo.com/blog/strategi-penetapan-harga-jual/):
Published
2022-12-16
How to Cite
Zulhiyah, Z., Suryantara, I. M. P., Rahmat, L. A. and Putra, S. J. (2022) “STRATEGI PEMASARAN KELOMPOK BUKIT TUAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK GULA AREN DI DESA KEKAIT KECAMATAN GUNUNGSARI”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(2), pp. 1247-1260. doi: 10.47492/jih.v11i2.2345.
Section
Articles