PENGARUH PROMOSI, SERTIFIKASI HALAL DAN GREEN PRODUCT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MADU KAKE’ JAMBI

  • Widia Aliyusna Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Rafidah Rafidah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • GWI Awal Habibah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Keywords: Promosi, Sertifikasi Halal, Green Product, Keputusan Pembelian, Madu, Konsumen

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi banyak yang mengkonsumsi madu Kake’ sebagai kebutuhan sehari-hari selain untuk obat juga bisa digunakan karena madu Kake’ yaitu madu murni hasil ternak sehingga menarik konsumen melakukan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif signifikan promosi, sertifikasi halal, dan green product signifikan dan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian pada usaha madu Kake’. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif analisis regresi linear berganda dengan uji signifikan t dan F. populasi dalam penelitian ini tidak diketahui jumlah respondennya, penentuan menggunakan rumus Rousce, maka sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden dan konsumen madu Kake’ Kecamatan Maro Sebo Muaro Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. variabel promosi (X1) berpengaruh positif signifikan, 2. sertifikasi halal (X2) berpengaruh tidak signifikan, variabel green product (X3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. dan, 4. variabel promosi, sertifikasi halal, dan green produk terhadap keputusan pembelian. Dalam hal ini untuk menarik minat pembelian konsumen harus jelas melakukan promosi dengan menjelaskan sudah adanya sertifikasi halal dan green product

Author Biographies

Widia Aliyusna, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Fakultas Ekonomi Syariah

Rafidah Rafidah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Fakultas Ekonomi Syariah

GWI Awal Habibah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Fakultas Ekonomi Syariah

References

Al-Qur’an. 2019. Cv Penerbit kementerian Agama RI.

Abidin dkk. Majalah Pengusaha Muslim: Iklan Terlarang.. Jakarta: Penerbit PT Hilmy Jaya Edisi 11/2012. 2014.

Amin, Ma’ruf. Himpunan Fatwa Majelis Ulama Indpnesia Bidang POM dan IPTEK. Surabaya : Penerbit Erlangga. 2015.

Anggit, Jiwantoro Yudha. Anasis Data Statistik Menggunakan data SPSS. Jakarta: Penerbit Mitra Wancana Media. 2017.

Asmarawati dkk. Pemasaran hasil perikanan. Malang: Penerbit UB Pres. 2017.

Handayani, Tati. Manajemen Pemasaran Islam. Yogyakarta: Penerbit Deepublish, 2019.

Hermawan, Agus. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.2012.

Husein Umar, 2017, Metode Riset Bisnis , Jakarta : Gramedia PustakaUtama

Huda, Nurul. Pemasaran Syariah Teori Dan Aplikasi Edisi Pertama. Jakarta : Penerbit Kencana. 2017

Kartajaya, Hermawan. Syariah Marketing. Bandung: Penerbit Mizan Pustaka. 2006.

Ningsih, Yola Putri. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk ACCU Yuasa yang Dipromosikan Distributor PT Riau Indotama Abadi Di Batam.2(2). 2019.

Nugroho, Boedijoewono. Pengantar Statistika Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN edisi ketujuh. 2016.

Silalahi, UIber Metode. Penelitian Sosial, 3rd Ed. Bandung. Penerbit: Refika Aditama. 2012.

Sopa. Sertifikasi Halal Majelis Ulama Indonesia. Jakarta : Penerbit Gaung Persada Press Group (GP Press). 2015.

Adnan. Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Susu Morinaga Di Kota Lhokseumawe. Jurnal Visioner & Strategis, 2(2). 2018

Aimmatul Umah, Khurul. Pengaruh Label Halah,Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Obat Bebas (Over Conter) Studi Empiris Pada Mahasiswa dan Mhasiswa Pondok Pesantren uii. Skripsi. UIN Yogyakarta. 2017

Andika, Dobi. Pentingnya Sertifikasi Halal untuk Eksistensi Sebuah Produk. Penerbit: Kompasiana.comJuni, 2020.

Hanifah, Hanim Nur. Pengaruh Produk Ramah Lingkungan/Green Product Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware, Jurnal.2(1).2019.

Indra Permana, Dony. Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lantai Kayu dan Pintu PT. Piji Di Jawa Timur, Jurnal Manajemen Dan Strat-up Bisnis. 2(1). 2019.

Mariaji, Wahyu. Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Compact Disk (CD) di Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset. 3(8). 2014.

Nashir, Muhammad Basysyar. Pengaruh Label Halal dan Promosi Food Terhadap keputusan pembelian Mahasiswa fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Prodi Ekonomi Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya. Skripsi. UIN Sunan Ampel Surabaya. 2019.

Maesaroh, Ifah. Pengaruh Label Halal ,Harga, dan promosi dan Kosmetik di Beuty Store 22 Purwokerto. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri. 2019.

Published
2022-12-08
How to Cite
Aliyusna, W., Rafidah, R. and Habibah, G. A. (2022) “PENGARUH PROMOSI, SERTIFIKASI HALAL DAN GREEN PRODUCT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MADU KAKE’ JAMBI”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(2), pp. 1153-1162. doi: 10.47492/jih.v11i2.2328.
Section
Articles