MENILIK PERUBAHAN TINGKAT KESADARAN SOSIAL MASYARAKAT MISKIN TERDAMPAK COVID-19 MELALUI ORIENTASI PENGGUNAAN BLT-DANA DESA

  • Kurniawansyah Kurniawansyah Universitas Samawa, Sumbawa Besar
  • Ismawati Ismawati Universitas Samawa, Sumbawa Besar
  • Yuliana Yuliana Universitas Pasifik Morotai
  • Ilfan Bereki Universitas Pasifik Morotai
Keywords: Kesadaran Sosial, BLT-Dana desa, Masyarakat miskin, Covid-19

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perubahan tingkat kesadaran sosial masyarakat miskin dalam memanfaatkan BLT-Dana desa bagi peningkatan kesejahteraannya, melalui pemberian BLT-Dana desa selama pandemi Covid-19 oleh pemerintah desa, serta berupaya untuk mengetahui dampak ekonomi dan sosialnya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara terhadap informan penelitian baik informan kunci (key informant) maupun informan pendukung terkait dengan data yang ingin diperoleh dalam penelitian sesuai dengan permasalahan penelitian. Teknisnya dengan melakukan penelusuran literatur yang dilanjutkan dengan interview informan/ wawancara. Kemudian diinterpretasi dalam bentuk deskripsi kualitatif. Hasil yang diperoleh adalah Pertama, terdapat peningkatan kesadaran masyarakat miskin penerima BLT-Dana desa utamanya dalam penggunaan dana desa yakni sudah mulai berpikir bahwa dana yang diterima diperioritaskan penggunaannya dalam berwirausaha. Kedua, selama pandemi Covid-19, pemerintah memberikan bantuan dana kepada kelompok masyarakat yang paling terdampak oleh pandemi Covid-19 utamanya keluarga petani miskin, janda tua dan orang jompo yang tidak mampu secara ekonomi. Ketiga, penawaran BLT-Dana desa dirancang untuk membantu kelompok masyarakat miskin pedesaan sebagai pelaku usaha di desa dengan orientasi untuk tetap menjalankan usaha dari segi ekonomi agar tidak sampai menutup usahanya.

Published
2022-12-08
How to Cite
Kurniawansyah, K., Ismawati, I., Yuliana, Y. and Bereki, I. (2022) “MENILIK PERUBAHAN TINGKAT KESADARAN SOSIAL MASYARAKAT MISKIN TERDAMPAK COVID-19 MELALUI ORIENTASI PENGGUNAAN BLT-DANA DESA”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(2), pp. 1109-1116. doi: 10.47492/jih.v11i2.2323.
Section
Articles