ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN RUMPUT (Eucheuma cottonii) DI KABUPATEN KEPULAUAN TANIMBAR PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Anthon Masela Universitas Lelemuku Saumlaki
  • Karel Fredrik Gaus Basar Lusnarnera Universitas Lelemuku Saumlaki
Keywords: Pemasaran, Rumput, Covid-

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1). Mengetahui bentuk struktur pasar rumput laut (Eucheuma cottonii) kering di Kabupaten Kepulauan Tanimbar; 2). Mengetahui perilaku pasar rumput laut (Euchema cottonii) kering di Kabupaten Kepulauan Tanimbar; 3). Mengetahui penampilan pasar rumput laut (Eucheuma cottonii) kering di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.  Metode analisis yang digunakan adalah; 1). Analisis struktur pasar meliputi, hambatan keluar masuk pasar, pengetahuan pasar, pangsa pasar dan konsentrasi pasar; 2). Analisis perilaku pasar meliputi,  proses penjualan dan pembelian, sistem pembayaran serta kerjasama; dan 3). Analisis penampilan pasar meliputi, marjin pemasaran, analisis bagian harga yang diterima petani, analisis rasio keuntungan dan biaya pemasaran berkumpul dalam menjalankan kegiatan usaha budidaya rumput laut, sehingga mereka dapat mengatasi permasalahan secara bersama, baik itu input, teknik produksi, pemasaran maupun informasi pasar. Berdasarkan hasil analisis tersebut bahwa Analisis marjin pemasaran dilakukan mulai dari petani rumput laut ke pedagang pengumpul. Marjin pemasaran tertinggi dari hasil pemasaran rumput laut dari petani rumput laut ke pedagang pengumpul sebear 20.000/Kg. Tingginya  marjin Pemasaran dari hasil rumput laut diakibatkan karena berdasarkan hasil kesepakatan bersama dan berpedoman pada harga rumput laut dari daerah lain. sedangkan marjin terendah sebesar 10.000/Kg. Rendahnya marjin pemasaran diakibatkan karena adanya hubungan kekerabatan/kedekatan emosional antara petani rumput laut dan pedagang pengumpul.

References

[1] Dj, y. R. (2019). Pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk smartphone oppo. Media mahardhika, 17(3), 463-466.
[2] Edy, I. T., Badriyah, N., Khilil, M. U., & Iskandar, I. (2020). Pengaruh Kualitas Dan Kinerja Pelayanan KTP Elektronik Terhadap Kepuasan Masyarakat Terhadap Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lamongan. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(2), 937-941.
[3] Lilis, Wahidatul 2018. Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Tahubaxo Ibu Pudji Ungaran Dalam Perspektif Ekonomi Islam.
[4] Jainuddin, Sri Ernawati (2020) Pengaruh Promosi dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Sosis BE MART Cabang Bima.
[5] Jubaidah, Irani. 2019. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Lazis Muhamadiyah Surabaya.
[6] Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Management, 15thn Global Edition, Pearson Prentice Hall. New Jersey.
[7] Ratna Ekasari (2021) Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing
[8] Sahibul K.H (2012) Analisis Efisiensi Pemasaran Rumput Laut ( Eucheuma Cottonii ) Di Kota Tual Provinsi Maluku
[9] Septy, Adelia. 2019. Analisis Strategi Saluran Distribusi Pada PT.V Volume 22 No 1 (2021
[10] Yayan Hikmayani dkk (2007) Analisis Pemasaran Rumput Laut Di Wilayah Potensial Di Indonesia
Published
2022-12-02
How to Cite
Masela, A. and Basar Lusnarnera, K. F. G. (2022) “ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN RUMPUT (Eucheuma cottonii) DI KABUPATEN KEPULAUAN TANIMBAR PADA MASA PANDEMI COVID-19”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(2), pp. 963-974. doi: 10.47492/jih.v11i2.2302.
Section
Articles