INTERAKSI TOKOH DALAM NOVEL “TABULA RASA” KARYA RATIH KUMALA

  • Fahrudin Fahrudin Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Keywords: Peran Tokoh Untuk Bersosiologi, Peran Tokoh Untuk Berkomunikasi Antartokoh, Novel.

Abstract

Novel merupakan karya sastra yang menceritakan tentang interaksi tokoh dalam kehidupan bersosial atau bermasyarakat. Novel “Tabula Rasa” Karya Ratih Kumala menceritakan tentang interaksi tokoh yang berperan dalam lingkungan masyarakat.Peneliti dapat mengetahui interaksi tokoh melalui karya sasta yaitu dalam novel “Tabula Rasa Karya Ratih Kumala. Peneliti merumuskan masalah penelitian yaitu: (1) Bagaimana peran tokoh untuk bersosiologi dalam novel ‘Tabula Rasa” karya Ratih Kumala?(2) Bagaimana Peran Tokoh untuk Berkomunikasi antartokoh dalam novel “Tabula Rasa” karya Ratih Kumala? Metode penelitian yang digunakan dengan menggunakan sifat penelitian dengan cara deskriptif sedangkan jenisnya yaitu kualitatif. Jenis kualitatif yang digunakan tidak memakai angka-angka, tetapi menggunakan kata-kata.Sumber data dalam penelitian yaitu dalam novel “Tabula Rasa” Karya Ratih Kumala. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi  dalam novel “Tabula Rasa” karya Ratih Kumala sedangkan intstrumen pengumpulan data menggunakan daftar tabel, anilisis data secara tekstual. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil temuan penelitian dalam novel Tabula Rasa Karya Ratih kumala yaitu peran tokoh untuk bersosilogi meliputi: untuk berhubunngan, untuk meyakinkan, dan untuk bermain, sedangkan peran tokoh untuk berkomunikasi antar tokoh meliputi: umpan balik dan pengungkapan diri. Kesimpulan penelitian yaitu peran tokoh untuk bersosiologi menggambarkan  adanya hubungan antara tokoh yang satu dengan tokoh yang lain untuk menjalin hubungan di kalangan masyarakat, Peran tokoh untuk berkomunikasi antar tokoh menggambarkan adanya tokoh untuk respon atau tanggap sesuai dengan yang dibicarakan oleh lawan bicaranya. Saran peneliti kepada Guru Bahasa Indonesia, Bagi guru bahasa Indonesia yang ingin mengajarkan interaksi tokoh dalam novel dapat menjelaskan tentang adanya peran tokoh untuk bersosiologi dan peran tokoh untuk berkomunikasi antar tokoh. Penggemar Sastra, Bagi penggemar sastra dapat mengetahui  interaksi tokoh dalam sebuah cerita seperti novel. Bagi peneliti lain diharapkan dapat menjadi acuan, apabila berkeinginan melakukan penelitian yang sama.

Author Biography

Fahrudin Fahrudin, Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan

Progam Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia

References

[1] Aminuddin.1990. Penelitian Kualitatif. Malang:Yayasan Asah Asuh Malang (Y3 Malang)
[2] Daryanto,S.S.1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Surabaya:Apollo
[3] Devito, Josep, A.2011.Komunikasi antar manusia.Tanggerang Selatan : Karisma Publishing Group
[4] Kumala, Ratih.2014. Tabula Rasa. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
[5] Sudjiman, Panuti.1992. Memahami Cerita Rekaan. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
[6] Moleong.Lexy.1994.Metodologi Penelitian. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
[7] Ratna Nyoman, Kutha.2013. Penelitian Sastra. Yogyakarta:Pustaka Pelajar
[8] Ratna Nyoman, Kutha.2013. Paradigma Sosiologi Sastra. Yogyakarta:Pustaka Pelajar
[9] Tarigan Henry, Guntur.1986.Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung : Angkasa
[10] Wardani Nugraheni, Eko.2006. Makna Totalitas dalam Karya Sastra.Surakarta:Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT Penerbitan dan Pencetakan UNS (UNS Press)
Published
2022-12-02
How to Cite
Fahrudin, F. (2022) “INTERAKSI TOKOH DALAM NOVEL ‘TABULA RASA’ KARYA RATIH KUMALA”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(2), pp. 871-884. doi: 10.47492/jih.v11i2.2293.
Section
Articles