PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ISLAMI, KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI WARUNG KOPI TEQUILA TULUNGAGUNG

  • Thaqilla Hakunta UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Agus Eko Sujianto UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
Keywords: Kualitas Pelayanan Islami, Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Persaingan bisnis yang begitu ketat terutama pada bidang warung kopi. Warung Kopi Tequila Tulungagung diharuskan memiliki strategi pemasaran yang baik, di mana strategi tersebut nantinya dapat menentukan roda perekonomian, apakah warung kopi tequila Tulungagung akan unggul dalam persaingan, sehingga terus bertahan atau justru gulung tikar. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan islami, kualitas produk, harga dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening di Warung Kopi Tequila Tulungagung. Pendekatan peneltitian ini menggunakan kuantitatif jenis penelitian asosiatif. Populasi adalah pelanggan Warung Kopi Tequila Tulungagung, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online melalui google form. Alat analisisnya menggunakan SPSS 25.00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kualitas pelayanan islami berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan; 2) Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan; 3) Harga teidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan; 4) Lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan; 5) Kualitas pelayanan islami tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan; 6) Kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan; 7) Harga tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan; dan 8) Lokasi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan di Warung Kopi Tequila Tulungagung.

Author Biographies

Thaqilla Hakunta, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Program Studi Manajemen Bisnis Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Agus Eko Sujianto, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Program Studi Manajemen Bisnis Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

References

[1] Aprilia, Y., & Suprajang, E. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan ( Studi Kasus pada Hotel Sri Rejeki Blitar ). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), Vol.4 No.2, 135–146.
[2] Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Satuan Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
[3] Dahliani, Y., & Ahwal, R. H. (2021). Kajian Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Gieselin Food Sukser Makmur Di Jember. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(1), 181–190.
[4] David Harianto, D. H. S. (2013). Analis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Image Dan Atmosfer Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Kedai Deja-Vu Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, vol 1 no 1(1), 1–8.
[5] Firli, T. A. S. D. (2021). Kualitas Produk Dan Pelayanan Serta Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Muslim Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. 3(March), 6.
[6] Fitriyani, S., Murni, T., & Warsono, S. (2019). Pemilihan Lokasi Usaha Dan Pengaruhnya Terhadap Keberhasilan Usaha Jasa Berskala Mikro Dan Kecil. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(1), 47–58. https://doi.org/10.33369/insight.13.1.47-58
[7] Iriyanti, E., Qomariah, N., & Suharto, A. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Depot Mie Pangsit Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 2(1), 1–15.
[8] Janah, V. N., & Iskandar, I. (2021). the Effect of Islamic Service Quality, Banking Image and Corporate Social Responsibility Towards Customer Loyalty With Customer Satisfaction As Intervening Variables. Imara: JURNAL RISET EKONOMI ISLAM, 5(2), 178. https://doi.org/10.31958/imara.v5i2.3255
[9] Jaya, W., Arifin, R., & Slamet, A. R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga, dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen Kafe Family Kopi di Malang). E-Jurnal Riset Manajemen, 10(1), 46–62.
[10] Mehta, C. R. (1995). Unknown - Unknown - SPSS Exact Tests 7.0 for Windows TM .pdf.pdf.
[11] Nyoman, N., Wahyuni, S. I., Agung, A. A. P., Putu, N., & Abstrak, N. A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Ufo Elektronik Cokroaminoto Denpasar. Values, 1(1), 66–75. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/value/article/view/580
[12] Puspitasari, D. A., Nuringwahyu, S., & Zunaida, D. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Pelayanan dan Lokasi terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Rumah Makan Bebek Goreng H. Slamet Soekarno Hatta Kota Malang). Jurnal Ilmu Administrasi Niaga / Bisnis, 7(3), 29–37. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/jiagabi/article/view/2744
[13] Putra, R. P., & Herianingrum, S. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank BRI Syariah Surabaya. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 1(9), 622. https://doi.org/10.20473/vol1iss20149pp622-635
[14] Rahmadani Fitri, I Made Suardana, H. S. (2002). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Ud. Eva Group Mataram. Process Engineering (London), 83(SUPPL.), 19.
[15] Runtunuwu, J., Oroh, S., & Taroreh, R. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Cafe Dan Resto Cabana Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 1803–1813. https://doi.org/10.35794/emba.v2i3.5973
[16] Sari, Anjar Arista, Suryaningsih, S. A. (2020). Pengaruh Promosi Islami Dan Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Tabungan Emas Studi Pada Pegadaian Syariah Kabupaten Gresik. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(2), 187–199. https://doi.org/10.26740/jekobi.v3n2.p187-199
[17] Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
[18] Supangkat, D. A., Arifin, R., & M.Hufron. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga dan Lokasi terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan Warung Kopi Kedai Singgah Malang). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
[19] Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Penerbit Andi.
[20] Utami, N. D. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Ilmu Dan Riset Manajemen, 4(5), 1–20.
Published
2022-12-02
How to Cite
Hakunta, T. and Sujianto, A. E. (2022) “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ISLAMI, KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI WARUNG KOPI TEQUILA TULUNGAGUNG”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(2), pp. 787-802. doi: 10.47492/jih.v11i2.2287.
Section
Articles