PENGARUH PENGGUNAAN MINYAK SAYUR DAN MARGARIN TERHADAP TEKSTUR, WARNA, AROMA DAN RASA PADA PEMBUATAN SPONGE CAKE

  • Ndaru Prasastono Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang
  • Sri Yuianto Fajar Pradapa Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang
  • Ema Rahmawati Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang
Keywords: Minyak Sayur, Margarin, Dan Sponge Cake

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui penggunaan minyak sayur dan margarin terhadap tekstur, warna, aroma, dan rasa pada pembuatan sponge cake, Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, responden, kuesioner, studi kepustakaan, dan uji inderawi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan responden sebanyak 90 orang dari lingkungan masyarakat sekitar rumah dan kenalan peneliti. Hasil dan pembahasan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu hasil nilai rata-rata uji inderawi dengan rerata paling besar pada pembuatan sponge cake dengan minyak sayur yaitu rasa sebesar 4.02 dan yang dengan margarin yaitu aroma sebesar 4.54. Sedangkan hasil nilai rata-rata uji inderawi dengan rerata paling kecil pada pembuatan sponge cake dengan minyak sayur yaitu tekstur sebesar 3.50 dan sponge cake dengan margarine yang paling kecil adalah juga tektur yaitu sebesar 4.20. Adapun yang paling dominan total rerata adalah sponge cake dengan margarine yaitu sebesar 4.38. Kesimpulan yang didapat adalah terdapat pengaruh penggunaan minyak sayur dan margarine terhadap tekstur, warna, aroma, dan rasa pada pembuatan sponge cake, yang menurut responden menyatakan tidak lembut, kurang lembut, kurang menarik, kurang harum, dan kurang manis.

Author Biographies

Ndaru Prasastono, Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang

Program Studi Perhotelan, Fakultas Vokasi

Sri Yuianto Fajar Pradapa, Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang

Program Studi Perhotelan, Fakultas Vokasi

Ema Rahmawati, Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang

Program Studi Perhotelan, Fakultas Vokasi

References

[1] Faridah, Ani dkk (2008). Patiseri jilid I, Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
[2] Aliza, Dapur. (2013). Kue Pastry Jadul Tetap Populer. Gramedia.
[3] Syarbini, M. Husin. (2014). Cakepreneur Panduan Meningkatkan Keterampilan dan Bekal Menjadi Pengusaha Cake. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
[4] Rizka Maria Merdeka, 2022, Food and Beverage Service: Penjelasan Definisi Hingga Tugas-Tugasnya https://greatdayhr.com/idid/blog/food-and-beverage-adalah (diakses pada tanggal 05 Juli 2022, 12:54).
[5] Noviastuti, Nina & Astuti, Ika Wahyu. (2021). Usaha Food And Beverage Product Dalam Meningkatkan Revenue di Grand Puri Saron Boutique Hotel Yogyakarta. Jurnal Nusantara (Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Perhotelan) – Vol. 4 No. 1.
[6] Mertayasa, I Gede. (2012). Food and Beverage Service Operational, Yogyakarta, Andi.
[7] Putri, Emmita Devi Hari. (2017). Buku Ajar Pastry and Bakery. Deepublish.
[8] Yudistira, 2022, Perbedaan Minyak Sayur dan Minyak Goreng serta Kelebihannya https://www.bhinneka.com/blog/minyak-sayur/ (diakses pada tanggal 21 Juli 2022, 13:15).
[9] Hasibuan, Hasrul Abdi & Hardika, Aga Prima. (2015), Formulasi dan Pengolahan Margarin Mengunakan Fraksi Minyak Sawit pada Skala Industri Kecil serta Aplikasinya dalam Pembuatan Bolu Gulung. Agritech, Jurnal Volume 35 Nomor 4.
[10] Mulyani, Sri & Setiani, Elza Bhakti. (2020) Karakteristik Sponge Cake Dengan Perlakuan Penambahan Pasta Bit (Beta Vulgaris L. Jurnal Agrotek Vol. 7 No.1.
[11] Mashabi, Nurlela Abdulah, Muhariati, Metty, Hamiyati. (2016). Pelatihan Pembuatan Aneka Cake dari Tepung Mocaf Sebagai Upaya Pemberdayaan Bagi Mantan TKI (Tenaga Kerja Indonesia) di Kabupaten Subang. Sarwahita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 13 No.1.
[12] Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management 14th ed.New Jersey: Pearson Education.
[13] Fiani, Margaretha S. & Edwin Japarianto. 2012. Analisa Pengaruh Food Quality & Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Roti KecikToko Roti Ganep’s di Kota Solo. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol 1, No 1, Halaman 1-6.
[14] Ayustaningwarno, Fitriyono. (2014). Teknologi Pangan: Teori Praktis dan Aplikasi, Yogyakarta: Graha Ilmu.
[15] Rahayu, Wahidah Mahanani. (2020) Hand-out Mata Kuliah Uji Inderawi, Universitas Ahmad Dahlan.
[16] Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[17] Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta PT. Rineka Cipta.
[18] Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
[19] Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
[20] Arikunto. 2003. Prosedur Penelitian, Suatu Praktek. Jakarta: Bina Aksara.
Published
2022-12-02
How to Cite
Prasastono, N., Fajar Pradapa, S. Y. and Rahmawati, E. (2022) “PENGARUH PENGGUNAAN MINYAK SAYUR DAN MARGARIN TERHADAP TEKSTUR, WARNA, AROMA DAN RASA PADA PEMBUATAN SPONGE CAKE”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(2), pp. 677-690. doi: 10.47492/jih.v11i2.2276.
Section
Articles