PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS 8A SMPIT AR-RISALAH SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2021/2022

  • Arif Rahmad Khoirudin Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
  • Mukhlis Fathurahman Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
  • Praptiningsih Praptiningsih Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Prestasi Belajar

Abstract

Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pola asuh orang tua siswa kelas 8A SMPIT Ar-Risalah Sukoharjo tahun ajaran 2021/2022; (2) prestasi belajar aqidah akhlak siswa kelas 8A SMPIT Ar-Risalah Sukoharjo tahun ajaran 2021/2022; (3) pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa kelas 8A SMPIT Ar-Risalah Sukoharjo tahun ajaran 2021/2022.Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 8A SMPIT Ar-Risalah Sukoharjo tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam peneltian ini yaitu observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Teknik analisis ui prasyarat menggunakan rumus One Sample Kolmogorov-Smirnov Test yang dianalisis menggunakan bantuan SPSS 16.0. Sedangkan uji hipotesis dihitung menggunakan rumus korelasi Product Moment.Berdasarkan hasil dari penelitian, dketahui bahwa: (1) pola orang tua siswa kelas 8A SMPIT Ar-Risalah Sukoharjo tahun ajaran 2021/2022 dalam mengasuh anak adalah Mendorong anak untuk giat belajar, Mendampingi belajar di rumah, Meluangkan waktu untk anak, Menjalin komuikasi dengan baik dan Mengarahkan ke dalam hal-hal yang positif; (2) prestasi belajar pada siswa kelas 8A SMPIT Ar-Risalah Sukoharjo tahun ajaran 2021/2022 adalah siswa telah memahami mata pelajaran aqidah akhlak serta mengamamalkan dalam keseharian mereka; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa dengan hasil uji hipotesis pada taraf signifikan rhitung   (0,521) yang mana lebih besar daripada rtabel  (0,505), dengan derajat korelasi pada kategori sedang dalam interfal koefisien 0,40 – 0,60.

References

[1] Yahdinil. (2017). Prilaku Agresi Pada Anak Usia Dini. Banten: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
[2] Al Tridonanto. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
[3] Muh Zaiful. (2019). Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.
[4] Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
[5] Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
[6] Joko S. (2020). Teknik Analisis Data Kuantitatif Teori dan Aplikasi Dengan SPSS. Klaten: Lakeisha.
[7] Burhan Bugin. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.
[8] Kementrian Agama. (2019). Al-Qur’an dan Terjemahanya. Jakarta: Departemen Agama
[9] Matondang, Z. (2009). Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tubularasa PPS UNIMED, 6 (1). 87-97.
[10] Muhammad Asrorudin. (2012). Belajar Aqidah Akhlak. Yogyakarta: CV. Budi Utama
[11] Nana. (2018). Penelitian dan Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rosda Karya.
Published
2022-12-02
How to Cite
Khoirudin, A. R., Fathurahman, M. and Praptiningsih, P. (2022) “PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS 8A SMPIT AR-RISALAH SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2021/2022”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(2), pp. 555-562. doi: 10.47492/jih.v11i2.2263.
Section
Articles