STRATEGI PENGEMBANGAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA DAKWAH OLEH AKHWAT CREATIVE PROJECT (ACP)

  • Dhea Fildza Nadhira Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
  • Edy Muslimin Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
  • Agus Fatuh Widoyo Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
Keywords: Strategi, Pengembangan, Dakwah Visual

Abstract

Pada era internet of things sekarang, segala aktifitas bisa dilakukan secara daring atau online sehingga dirasa perlu mengembangkan strategi dakwah Islam agar sesuai dengan perkembangan zaman dan tidak membosankan yang menjadikan ruang lingkupnya lebih luas. Maka dibutuhkan strategi dakwah yang tepat agar bisa diterima oleh seluruh lapisan masyarakat khususnya umat muslim. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang strategi pengembangan desain komunikasi visual sebagai media dakwah oleh komunitas Akhwat Creative Project (ACP). Metode dalam penelitian adalah kualitatif dengan subjek penelitian admin akun instagram @akhwatcreativeproject. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan pengembangan desain komunikasi visual sebagai media dakwah oleh Akhwat Creative Project (ACP) untuk berdakwah karena Allah dan membantu membangkitkan Islam melalui dakwah visual dengan karya terbaik melawan media-media yang menghancurkan umat Islam tanpa mengenal waktu. Strategi pengembangan desain komunikasi visual sebagai media dakwah yang diterapkan Akhwat Creative Project (ACP) melalui dua sisi yaitu internal dan eksternal. Strategi internal yang dilakukan Akhwat Creative Project (ACP) ialah fokus kepada member Akhwat Creative Project (ACP), dan strategi eksternal Akhwat Creative Project (ACP) mengembangkan lewat media sosial instagram pada akun @akhwatcreativeproject dengan membranding komunitas Akhwat Creative Project (ACP) agar lebih dikenal masyarakat.

References

[1] Sesra Budio. (2019). “Strategi Manajemen Sekolah” Jurnal Menata Vol.2 No.2 Sekolah Tinggi Agama Islam YAPTIP Pasaman Barat
[2] Fred R. David. (2009). Strategic Managements Concepts and Cases Twelfth Edition. New Jersey: Pearson Education Inc
[3] Supriono. (1998). Manajemen Strategi dan Kebijakan Bisnis. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta
[4] Lia Anggaraini S. dan Kirana Nathalia. (2013). Desain Komunikasi Visual; Dasar-dasar Panduan untuk Pemula. Bandung: Nuansa Cendekia
[5] Rakhmat Supriyono. (2010). Desain Komunikasi Visual–Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Andi
[6] Moh. Ali Aziz. (2015). Ilmu Dakwah. Jakarta: Prenadamedia Group
[7] Rulli Nasrullah. (2017). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Published
2022-12-02
How to Cite
Nadhira, D. F., Muslimin, E. and Widoyo, A. F. (2022) “STRATEGI PENGEMBANGAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA DAKWAH OLEH AKHWAT CREATIVE PROJECT (ACP)”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(2), pp. 491-500. doi: 10.47492/jih.v11i2.2255.
Section
Articles