IMPLEMENTASI PENGGUNAAN METODE COURSE REVIEW HORAY (CRH) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

  • Yayat Suharyat Universitas Islam “45” Bekasi
  • Rizal El Fahim Universitas Islam “45” Bekasi
Keywords: Metode Course Review Horay (CRH), Motivasi Belajar Siswa

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui metode Course Review Horay (CRH) dan untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada pata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif. Populasi dan sampel yang digunakan adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa di SMAN 1 Babelan. Hasil penelitian ini penerapan metode Course Review Hory (CRH) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, metode pembelajaran Course Review Hory (CRH) ini sangat berdapak positif pada peserta didik karena adanya motode Course Review Hory (CRH) ini guru dapat menerapkan pembelajaran yang menyenangkan agar siswa tidak jebuh saat guru menjelaskan materi pelajaran agar semua siswa bersemangat untuk mengikuti proses pembelajaran berlangsung.

References

[1] Anas, Salahudin, Filsafat Pendidikan, (Bandung :Pustaka Setia, 2002) h:18
[2] Asep Jihad, Abdul Haris, Op.Cit, hh :20-21
[3] Digital AL-Qur’an
[4] Dimyati Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 2015) h:95
[5] Dimyati, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta : Rineka Cipta, 2015) h:86
[6] Donni Juni Priansa, Pengantar Strategi dan Model Pembelajaran, (Jakarta Pustaka : Serfio,2014) hh:56-59
[7] Guntur. Setiawan, Implementasi dalam Birokrasi Pembangunan, (Jakarta: Balai Pustaka, 2004) h : 12
[8] Hamzah B. Uno, Hakikat Motivasi, (Jakarta : Bumi Aksara, 2011) h 3,4 dan 7
[9] Hamzah B.Uno, Teori Motivasi dan Pengukurannya, (Jakarta:Rajawali Pers, 2014) h:14
[10] Hamzah B.Uno, Teori Motivasi, (Jakarta:Pers, 2014) h :16
[11] Hamzah B.Uno, Teori Motivasi, Psikologi untuk murid, Guru dan Dosen, (Jakarta : Bumi Aksara, 2011) h:11
[12] https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/2902
[13] Isbandi, Rukminto Adi, Psikologi, Pekerjaan Sosial dan Ilmu Kesejahteraan Dasar-Dasar Pemikiran (Jakarta: Grafindo Persada, 1994) h :3
[14] Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung:Remaja Rosdakarya,2002) h:3
[15] M. Dalyono, Psikologi Pendidikan, (Jakarta:PT.Rineka Cipta, 2005) h :172
[16] Made, Pidarta, Landasan Pendidikan, (Jakarta :PT.Rineka Cipta, 2014) h:2-5 & h: 12
[17] Mathew. B. Miles dan A. Michel Huberman, Analisis Kuantitatif (Jakarta :UIP,1992) h:5
[18] Miftahul Huda, Model-Model Pengajaran dan pembelajaran, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2013)h :229
[19] Moch. Agus Krisno Budiyanto, Sintaks 45 Metode Pembelajaran, (Universitas Muhammadiyah, 2016) h:40
[20] Moch. Agus Krisno Budiyanto, Sintaks 45 Metode Pembelajaran, (Universitas Muhammadiyah, 2016) h:40-42
[21] Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, (Bandung:PT. Remaja Rosdakarya, 2010) h :9
[22] Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru, (Bandung:PT. Remaja Rosdakarya, 2010) h:7
[23] Nurdin Usman, Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum, (Jakarta: Grasindo, 2002) h : 70
[24] Oemar, Hamalik, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008 ) h : 158
[25] Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, (Yogyakarta :Pustaka Pelajar, 2009) h:47
[26] Repository.unpas.ac.id/10723/5/BAB II Kajian Teoritis.20II.pdf
[27] Robert E. Slavin, Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktek, (Bandung:Nusa Media, 2008) h:4
[28] Rusman, Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru, (Jakarta:PT.Raja Grafindo Persada, 2011) h:203
[29] Sardiman A.M, Teori Motivasi, (Jakarta : Rajawali Pers, 2014) h :5-6
[30] Sardiman A.M, Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar, (Jakarta :Rajawali Pers, 2014) h. :76
[31] Sardiman A.M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rajawali Pers, 2014) h:91-97
[32] Sardiman A.M, Interaksi dan Motivasi belajar mengajar, (Jakarta:PT.Rajagrafindo Persada) hh:86-91
[33] Sardiman, A.M, Teori Motivasi dan Pengukurannya, (Jakarta : Rajawali Pers, 2014) h:14
[34] Sardiman, A.M, Teori Motivasi, (Jakarta:Rajawali Pers, 2014) h:100
[35] Sardiman, A.M, Teori Motivasi, (Jakarta:Rajawali Pers,2014) h:95
[36] Sardiman, A.M, Teori Motivasi, (Jakarta:Rajawali, 2014) h :73
[37] Syaiful, Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran, (Bandung :Alfabeta, 2011) h:11
[38] W.A Gerungan, Psikologi Sosial (Bandung: PT.Erisco,1996) h:3
W.S Winkel, Psikologi Pengajaran, (Jakarta:Grafindo, 1996) h:3
Published
2022-12-02
How to Cite
Suharyat, Y. and Fahim, R. E. (2022) “IMPLEMENTASI PENGGUNAAN METODE COURSE REVIEW HORAY (CRH) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(2), pp. 485-490. doi: 10.47492/jih.v11i2.2254.
Section
Articles