MODEL PENTAHELIX DALAM SINERGI PARIWISATA DI IDONESIA UNTUK PEMBERDAYAAN PEREKONOMIAN LOKAL : STUDI LITERATUR

  • Artin Bayu Mukti Fakultas Pariwisata Unisbank Semarang
  • Aziz Nur Rosyid Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang
  • Eddi Indro Asmoro Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang
Keywords: Pentahelix, Kolaborasi, Sinergi & Koordinasi

Abstract

Abstrak

Penelitian ini membuat dasar model dalam sebuah sinergi pengembangan kearifan lokal yang dimiliki oleh berbagai daerah yang ada di Indonesia untuk pertumbuhan ekonomi lokal. Salah satu yang dibidik adalah pembuatan obyek pariwisata yang menjadi unggulan di daerah tersebut, baik berupa hasil inovasi dan kreativitas atau kondisi alam yang ada.Penelitian ini diharapkan memberikan added value untuk dasar pemikiran dalam menentukan kebijakan dalam peningkatan perekonomian lokal dengan pembuatan obyek wisata yang menjadi unggulan di daerah. Metode penelitian adalah menggunakan studi literatur berdasarkan preferensi studi empiris untuk menentukan gap research. Selanjutnya akan dibangun hipotesa-hipotesa berdasarkan studi literatur dalam menentukan semua variabel eksogen maupun endogen. Data kualitatif yang telah dihasilkan ternyata menekankan pada korrdinasi dan kolaborasi, untuk membangun desain model ternyata masih membutuhkan pemetaan-pemetaan kembali pada tahapan teknis operasional dari pemahaman koordiansi dan kolaborasi tersebut menurut pendapat peneliti. Temuan-temuan dari hasil studi literature review berdasarkan kajian dan pembahasan yang dalam dari peneliti menyimpulkan sementara, bahwa kondisi masing-masing pariwisata di Indonesia satu sama laiinya berbeda. Perbedaan-perbedaan ini dapat ditinjau kembali untuk menemukan sinergi apa yang harus berjalan bersama secara teknis operasional dalam bentuk koordinasi dan kolaborasinya dalam klasifikasi destinasinya.

Untuk membentuk pra model yang diharapkan dalam mengadopsi teknik atau metode model pentahelix sementara ini, hanya mampu merujuk pada pemetaan sinergi antara koordinasi atau kolaborasi, dan koordinasi sekaligus kolaborasi dari aktor-aktor pentahelix untuk masing-masing kondisi Pariwisata yang terdapat di Indonesian. akan digunakan sebagai konstruk model sebagai variable-variabel konstruk endogen maupun eksogen

 

Kata Kunci: Pentahelix, kolaborasi, sinergi, koordinasi

Published
2020-05-27
How to Cite
Mukti, A., Rosyid, A. and Asmoro, E. (2020) “MODEL PENTAHELIX DALAM SINERGI PARIWISATA DI IDONESIA UNTUK PEMBERDAYAAN PEREKONOMIAN LOKAL : STUDI LITERATUR”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(1), pp. 1-8. Available at: https://stp-mataram.e-journal.id/JIH/article/view/21 (Accessed: 12August2020).
Section
Articles